Komisi Pemilihan Umum Kalimantan Selatan dan partai politik meningkatkan koordinasi pada masa pencermatan rancangan daftar calon tetap (DCT) anggota DPRD Kalsel untuk Pemilu 2024.

"Kami berharap parpol dapat berkoordinasi dan meningkatkan komunikasi dengan KPU perihal hal-hal yang dilaksanakan pada masa pencermatan rancangan DCT sebelum DCT ditetapkan," kata Ketua KPU Kalsel Andi Tenri Sompa di Banjarmasin, Minggu.

Baca juga: DPRD apresiasi kesiapan KPU Tapin dan HSS hadapi Pemilu 2024

Begitu juga terhadap bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI agar melakukan hal serupa melalui petugas penghubung.

Menurut Tenri, tahapan pencermatan DCT merupakan masa-masa penting dan menentukan yang akan digunakan pada tahapan selanjutnya.

Mulai 24 September-3 Oktober 2023, KPU menerima pengajuan perubahan rancangan DCT dari parpol.

Baca juga: Bacaleg Golkar di HST jalani sidang dugaan pelanggaran administrasi

Tenri memastikan KPU memberikan pelayanan terbaik kepada peserta Pemilu 2024 terkait pencermatan DCT sekaligus berhati-hati dan fokus guna menghindari potensi persoalan.

Sesuai jadwal yang telah disusun KPU, DCT rencananya diumumkan 4 November 2023 mendatang setelah memasuki masa penyusunan dan penetapan DCT pada 4 Oktober hingga 3 November 2023.

Diketahui KPU Kalsel menetapkan sebanyak 696 orang masuk daftar calon sementara (DCS) anggota DPRD Kalsel untuk Pemilu 2024 dengan proporsi 428 laki-laki dan 268 perempuan dari 18 partai politik peserta pemilu.

Baca juga: DPRD Kalsel ingin pastikan persiapan dan kesiapan KPU hadapi Pemilu 2024

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023