Ratusan personel gabungan terdiri dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol-PP dan satuan perlindungan masyarakat siap mengamankan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2023 di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan.

“Potensi kerawanan pada Pilkades serentak yang perlu mendapat perhatian serius berupa sasaran pengamanan baik orang, tempat, lokasi maupun benda agar benar benar diantisipasi dengan baik,” kata Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin saat pelaksanaan apel gelar pasukan di Mapolres Balangan, Senin.

Kapolres menuturkan pada Pilkades tahun 2023 ini, sebanyak 26 desa melaksanakan pemilihan dengan 58 calon Kades yang tersebar di delapan kecamatan Kabupaten Balangan.

Kemudian Polres Balangan menurunkan sebanyak 68 personel dibantu dengan personel gabungan lainnya yang siap untuk mengamankan jalannya Pilkades tahun 2023.

Riza menekankan untuk meningkatkan soliditas dan kekompakan sebagai personel keamanan, guna menciptakan keamanan selama Pilkades berlangsung.

Kapolres melanjutkan, juga antisipasi dengan baik kalau adanya potensi gangguan keamanan baik orang, tempat maupun lokasi kegiatan.

Kapolres Riza menambahkan, para personel saat melakukan pengamanan diharapkan dapat memberikan masukan yang baik serta melaporkan kepada pimpinan kesatuannya masing-masing guna mengambil langkah strategis dalam penanggulangan potensi konflik yang dapat terjadi.

Menurut Riza semua langkah ini diambil untuk memastikan bahwa pemilihan kepala desa berjalan dengan damai, transparan dan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. 

“Semoga hasil dari pelaksanaan kegiatan Pilkades nantinya bisa memperoleh para kepala desa yang diharapkan bisa membangun desanya masing masing, sesuai visi dan misi yang dicanangkan serta mampu mempertanggung jawabkan segala anggaran desa dan dana lainnya kepada masyarakat,” tutur Kapolres.

Terakhir Kapolres berpesan kepada para personel untuk melaksanakan pengamanan dengan penuh keikhlasan, dan berikan pelayanan secara humanis kepada masyarakat namun tetap tingkatkan kewaspadaan dan keselamatan.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023