Tim Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) memberikan pelatihan kepada siswa SMP Negeri 2 Banjarmasin penulisan cerita bertema lahan basah.

"Kami memberikan bekal dan pengetahuan bagi  siswa termasuk guru mengenai aspek lahan basah yang bisa disisipkan dalam pembelajaran bahasa dan sastra di sekolah, mengingat lahan basah merupakan visi misi ULM yang paling utama," kata Ketua Tim PBSI FKIP ULM Prof Jumadi MPd di Banjarmasin, Jumat.

Jumadi menyebut pelatihan yang diikuti tujuh guru dan 20 siswa itu juga sebagai penunjang gerakan literasi sekolah (GLS) dan penguatan profil pelajar Pancasila.

Oleh karena itu selain bertema lahan basah, tim pengabdian ULM juga melatih guru dan siswa agar dapat memanfaatkan cerita-cerita inspiratif untuk dapat digunakan sebagai bahan literasi kritis yang dapat membentuk karakter siswa yang berasaskan Pancasila.

Sehingga diharapkan dapat menghasilkan buku kumpulan cerita bertema lahan basah yang akan menjadi sumbangsih gerakan literasi sekolah termasuk penguatan karakter Pancasila.

Kegiatan itu dilaksanakan oleh tim pengabdian masyarakat yang tergabung dalam program dosen wajib mengabdi (PDWA) ULM.

Ketua merupakan guru besar bidang Wacana Bahasa Indonesia yakni Prof Jumadi dan anggota dosen PS-PBSI Faradina, M.Pd.

Tim didampingi oleh empat orang mahasiswa yaitu Raiza Sukma Ningsih, Putri Rizky Tamaliani, Shelly Setya Ningsih, dan Nauwa Dhiva Gaiza.

Kepala SMP Negeri 2 Banjarmasin Khairyah menyampaikan terima kasih kepada Tim PBSI FKIP ULM yang telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di sekolahnya.

"Ilmu dan pengetahuan yang diberikan para dosen dan mahasiswa tentunya sangat bermanfaat bagi guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas serta pengembangan diri di luar sekolah," ucapnya.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023