Tim listrik Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Paringin, Kabupaten Balangan mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) E-Festnurse  Poltekkes Kemenkes Yogyakarta 2023.

Dalam lomba yang dilaksanakan secara online  ini tim beranggotakan M Rizal Syarif,  M Iqbal dan Zidan Halim  meraih predikat presentasi terbaik dari 10 finalis tingkat  nasional.

Baca juga: Anggota DPRD Kalsel optimistis SMKN 2 Simpang Empat Tanbu jadi BLUD

"Tim membawakan karya inovasi berupa alat pembersih tandon berbasis mikrokontroler generasi pertama," jelas pembina tim listrik SMK Negeri 1 Paringin Izuddin Syarif, Rabu.

Inovasi hasil karya tim dengan prinsip kerja dapat mendeteksi kekeruhan air dan menguras air tersebut secara otomatis.

Termasuk bisa mengisi air secara otomatis serta dapat memberikan peringatan alarm.

Walaupun pada event kali ini tim hanya memperoleh penghargaan presentasi terbaik ungkap Izuddin pihaknya  sangat bersyukur telah dapat bersaing dengan karya-karya terbaik dari sekolah lain seperti SMK SMTI Yogyakarta dan SMAN 5 Surabaya. 

Karya mereka juga menjadikan inspirasi bagi tim untuk menghasilkan sebuah inovasi yang lebih baik lagi.

Baca juga: SMKN 1 Balikpapan wakili Kalimantan ke final Futsal Axis Nation Cup 2023

Kegiatan ini diikuti  kalangan siswa tingkat SMA/SMK di seluruh Indonesia dengan menghasilkan 10 finalis yang  tampil mempresentasikan karya inovasi mereka. 

Pada E-Festnurse #2 ini presentasi karya dilakukan secara daring (online) melalui zoom meeting namun hal tersebut tidak menjadi halangan bagi  tim listrik  SMK Negeri  1 Paringin untuk mempresentasikan karya mereka.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023