Banjarmasin, (AntaranewsKalsel) - Pengamat politik dari Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Taufik Arbain menyatakan, tidak mengejutkan Partai Golkar mengusung Hj Noormiliyani Aberani Sulaiman dan H Rahmadian Noor pada pemilihan kepala daerah 2017 di Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

Menurut Direktur Eksekutif Lembaga Survei Banua Meter itu, Minggu, kedua nama ini memang tinggi elektabilitasnya.

Noormiliyani merupakan Ketua DPRD Kalsel dan istri Bupati pertahanan saat ini, sedangkan Rahmadian adalah anggota DPRD Barito Kuala.

"Memang kalau dua kekuatan ini bergabung, tentunya sulit untuk lawan yang lain bisa mengalahkannya, itu mungkin perhitungan Partai Golkar mengusung dua tokoh ini daripada yang lainnya," kata Taufik.

Dikatakannya, perlu kekuatan besar bagi calon lain baik finansial maupun mesin-mesin politik untuk menandingi kedua tokoh yang digemborkan sudah mengantongi Surat Keputusan (SK) DPP Golkar untuk bacabup dan bacawabup Barito Kuala ini.

"Kekuatan Golkar saat ini di Barito Kuala memang mendominasi kursi parlemen, hingga tidak memerlukan koalisi dengan partai lain dapat mengusung sendiri pasangan calonnya," kata Taufik.

Dari analisisnya, pentolan-pentolan Golkar yang lain ketika partai mereka sudah memutuskan siapa yang diusung nantinya, maka yang lainnya tidak akan berniat maju lagi, sebab mereka sangat setia kepada partainya.

"Pentolan-pentolan Golkar di Barito Kuala itu saya rasa orang-orang yang loyal terhadap partainya. Jadi sangat berani kalau mau berpaling atau memilih partai lain," katanya.

Pilkada di Barito Kuala akan berlangsung sengit dan kemungkinan melebihi pilkada di Hulu Sungai Utara (HSU).

Sebagaimana Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Partai Golkar H Gusti Iskandar, SK DPP Partai Golkar bernomor B-523/GOLKAR/VIII/2016 tanggal 9 Agustus 2016 untuk pilkada Kabupaten HSU dukungan diarahkan kepada H Abdul Wahid-H Khusairi Abdi.

Sedangkan SK DPP Partai Golkar Nomor B-533/GOLKAR/VIII/ tanggal 10 Agustus 2016 untuk pilkada Kabupaten Barito Kuala (Batola) kepada Hj Noormiliyani Aberani Sulaiman bersama H Rahmadian Noor.

Pewarta: Syamsudin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016