DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Provinsi Kalimantan Selatan meminta pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat memprioritaskan kepentingan dan kebutuhan masyarakat.

Hal itu diungkap juru bicara Fraksi PKS DPRD HSS Muhammad Sadyi Masun saat Pandangan Umum Fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024 pada Rapat Paripurna DPRD HSS di Kandangan, Rabu.

Rapat Paripurna tersebut dipimpin Wakil Ketua I DPRD Kabupaten HSS Kartoyo didampingi Wakil Ketua II DPRD Kabupaten HSS Muhammad Kusasi, serta dihadiri Pelaksana Harian (Plh) Bupati HSS Muhammad Noor.

"Kami berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS tidak hanya fokus dengan inovasi daerah dan mengejar penghargaan-penghargaan," kata Muhammad Sadyi Masun.

Baca juga: DPRD HSS bentuk Pansus seleksi pejabat tinggi pratama guna pengawasan

Sadyi menghendaki Pemkab HSS mengedepankan kepentingan masyarakat, karena masih banyak kepentingan warga HSS yang perlu diperhatikan dan dipenuhi.

Jubir Fraksi Nasdem DPRD HSS, Khaidir Sani menuturkan agar ABPD 2024 dilaksanakan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku dan tidak bertentangan dengan kepentingan masyarakat.

“Meski ada penurunan ABPD kita sebesar 16,8 persen, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan supaya tetap terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Kemudian, Jubir Fraksi PKB DPRD HSS Rahmat Iriadi mengutarakan agar penyusunan Raperda APBD 2024 tidak hanya mengedepankan tepat waktu, tapi juga mengedepankan prinsip lain.

Menurut dia, APBD harus disusun sesuai dengan kebutuhan penyelenggaraan pemerintah daerah, dan penyusunan yang transparan, sehingga masyarakat lebih mudah mengetahui informasi seluas-luasnya.

Baca juga: Pemkab HSS diminta percepat penyerapan anggaran pembangunan

Sementara itu, Plh Bupati HSS Muhammad Noor mencatat seluruh pandangan umum fraksi DPRD Kabupaten HSS dan akan dibahas lebih lanjut agar tidak bias.
“Semoga pembahasan tahapan selanjutnya kami terus diingatkan, sehingga apa yang diharapkan DPRD sama menjadi harapan Pemkab HSS,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Noor mengucapkan selamat kepada Penjabat Bupati HSS Hermasyah yang telah dilantik Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023