DPRD Hulu Sungai Selatan (HSS) meminta pihak eksekutif atau pemerintah daerah setempat mempercepat penyerapan anggaran pembangunan terutama pengadaan barang dan jasa.

"Permintaan kita ini sesuai dengan tahapan penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang telah ditetapkan," kata Wakil Ketua II DPRD Kabupaten HSS Muhammad Kusasi usai Rapat Kerja dengan Pemkab HSS di Kandangan, Kamis.

Dijelaskan dia, apabila serapan anggaran APBD dapat dilakukan dengan cepat sesuai proses tahapan, maka bisa menguntungkan masyarakat.

Baca juga: DPRD HSS sampaikan draft Raperda inisiatif fasilitasi HAKI

Diketahui, beberapa pihak mengeluhkan penyerapan anggaran pembangunan pengadaan barang dan jasa dalam proses lelang yang telah ditetapkan melalui kesepakatan bersama DPRD bersama Pemkab karena pelaksanaan terlambat.

Kusasi berharap Pemkab HSS bisa menyelesaikan keterlambatan serapan anggaran ini bersama DPRD, sehingga bisa lebih baik pada masa mendatang.

“Kalau APBD ditetapkan lebih cepat, harusnya serapan anggaran juga lebih cepat. Maka hasilnya bisa dirasakan cepat juga oleh masyarakat, mari kita bersama memecahkan persoalan yang kurang, agar serapan anggaran bisa lebih cepat,” ujarnya.

Baca juga: DPRD HSS paripurnakan jawaban eksekutif atas Raperda perubahan APBD 2023

Ketua DPRD HSS Akhmad Fahmi (HAF) mengatakan rapat kerja tersebut untuk mengkonfirmasi beberapa kinerja yang dilakukan Pemkab HSS karena jabatan kepala daerah akan berakhir.

“Alhamdulillah dijawab, nanti bisa juga dilakukan rapat kerja selanjutnya supaya beberapa hal yang mengemuka dan persoalannya bisa dipecahkan bersama dapat dilakukan,” ucapnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023