Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin menggelar Gerak Jalan Santai Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2023 sekaligus meresmikan Shelter Dermaga 0 Kilometer (Km) yang juga menandai pembukaan rangkaian Hari Jadi Ke-497 Kota Banjarmasin bertempat di Panggung Utama Balai Kota Banjarmasin, Minggu.
 
Acara jalan santai yang turut dimeriahkan seluruh lapisan warga kota Banjarmasin itu pun dilepas langsung Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina bersama Wakil Wali Kota Arifin Noor.

Baca juga: Wali Kota Cup Badminton antar wartawan ramaikan Harjad Banjarmasin
 
Usai melepas jalan santai, Wali Kota beserta isteri dan seluruh jajaran langsung bergeser menuju peresmian Shelter Dermaga 0 Km menggunakan tambahan armada bus TransBanjarmasin yang juga baru diresmikan disertai iring-iringan
 
Ibnu Sina mengatakan tujuan jalan santai semacam itu agar masyarakat dapat merasakan suasana dan semangat yang sama dalam momentum jelang perayaan Hari Jadi ke-497 Kota Banjarmasin yang jatuh pada 24 September 2023.
 
Dia juga membeberkan tambahan armada ini sekaligus juga menjawab beragam keluhan masyarakat mengenai moda transportasi umum, Sehingga memberikan rasa nyaman kepada seluruh warga kota Banjarmasin yang ingin beraktivitas.
 
Menurutnya, kehadiran armada bus dan sarana dermaga shelter baru itu diharapkan dapat menjadi 'Hub', yakni integrasi antara transportasi di darat dan di sungai.

Baca juga: Pemkot Banjarmasin mulai rancang RPJPD 2025-2045

"Alhamdulillah ada lima unit bus TransBanjarmasin yang kita launching pada hari ini pada empat koridor yang sudah ada," ujarnya.
 
Ibnu SIna mengharapkan penambahan armada TransBanjarmasin memberikan kenyamanan warga saat menggunakan transportasi umum di Kota Banjarmasin.
 
Lebih lanjut, Ibnu Sina memohon doa kepada seluruh masyarakat Kota Banjarmasin agar rangkaian Hari Jadi Ke-497 Kota Banjarmasin berjalan dengan lancar sampai akhir.
 
"Insya Allah nanti tanggal 21 kita ada ziarah, lalu Banjarmasin Bersholawat kemudian pembukaan Pekan Raya Expo Banjarmasin, hingga Sabtu nya puncak hari jadi kota Banjarmasin di Balai Kota," tuturnya.
 
Turut hadir pada acara itu, Sekda Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman, Ketua TP PKK Siti Wasilah, Wakil Ketua TP PKK Hardiyanti, Ketua DWP Rusdianti, Kadishub Kota Banjarmasin Slamet Begjo, Forkopimda beserta seluruh pimpinan SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin.

Baca juga: Pemkot Banjarmasin "kick off" rangkaian Harjad ke-497

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023