Universitas Indonesia (UI) mengunjungi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara untuk menindaklanjuti kerja sama dengan Otorita IKN pada bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi terkait pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Kita melibatkan kampus berpartisipasi pada sektor pendidikan dan riset untuk mendukung implementasi bidang akademis di IKN,” kata Deputi Bidang Teknologi Hijau dan Digital Otorita IKN Nusantara Mohammed Ali Berawi dalam keterangan tertulis di Banjarmasin, Kamis.

Baca juga: Dekat IKN, Bupati dukung ULM bangun kampus di Tabalong

Ali menuturkan berdiskusi dengan UI terkait peran universitas dalam pembangunan IKN.

“Ada klaster riset bagi universitas, hal itu sesuai dengan salah satu indikator kinerja utama pembangunan IKN,” ucapnya.

Dia menyebutkan beberapa klaster riset tersebut mencakup beberapa bagian, seperti sosial humaniora, energi, pangan, transportasi, konservasi lingkungan, teknologi informatika, dan sektor lainnya.

Ali mengungkapkan kerja sama Otorita IKN dengan UI untuk memperkuat komitmen berkolaborasi sekaligus sebagai pembuka jalan untuk mendukung pembangunan sektor pendidikan dengan harapan ruang lingkup riset selaras dengan arah dan tujuan pembangunan IKN.

Sementara itu, Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN Nusantara Alimuddin mengatakan riset perguruan tinggi berperan penting sebagai referensi penyusunan kebijakan di IKN.

“Pengembangan sektor kesehatan juga bagian penting yang tidak terpisahkan dari pendidikan,” ujar Alimuddin.

Baca juga: 701 insinyur ULM siap berkontribusi bangun IKN

Dia berharap kerja sama dengan UI menjadi salah satu solusi mencegah kesenjangan fasilitas umum baik di dalam area maupun luar area IKN.

Rektor UI Ari Kuncoro menyebutkan perlu adanya konsep yang menyediakan pusat riset IKN sebagai tempat observasi bagi para peneliti dari berbagai universitas untuk menyusun kebijakan.

“Konsep ini dibutuhkan karena banyak kajian yang tidak selalu bisa di observasi dari kejauhan, harus di lapangan langsung,” kata Ari Kuncoro.

Pada kesempatan tersebut, UI juga menyambangi Rumah Teknologi Nusantara untuk mengetahui konsep teknologi yang diadopsi dalam Cetak Biru Kota Cerdas Nusantara.

Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UI Noni Purnomo optimis UI mampu berkontribusi terhadap pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan untuk pembangunan IKN.

“Pembangunan IKN tentu dapat menciptakan manfaat dalam berbagai bidang IPTEK,” ungkap Noni Purnomo.

Baca juga: ULM sokong Kalsel jadi penyangga IKN Nusantara

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023