Khatib H Muhammad Qurtubi mengangkat hal-hal yang berkaitan dengan "Arba Musta'mir" atau Rabu terakhir bulan Shafar, pada Tahun 1445 Hijriah hari tersebut bertepatan 13 September 2023.

"Berdasarkan kitab ahli-ahli kasyf, para Aulia Allah berkata,  pada Arba Musta'mir menurunkan 320. 000 bala," ujar M Qurtubi dalam khutbahnya di Masjid Al Fa'izun Komplek Beruntung Jaya Banjarmasin, sebelum Shalat Jumat.

Oleh karena itu,  para Aulia Allah tersebut menganjurkan pada Arba Musta'mir membaca Surah Yasin dan sampai ayat "salaamun qaulamirrabirrahiim" membaca 313 kali, baru kelanjutannya hingga selesai.

"Para Aulia Allah itu berharap, dengan membaca Surah Yasin tersebut terhindar dari segala bala, baik yang kecil maupun besar," kutip khatib M Qurtubi.

Ia menyebutkan, secara umum atau garis besar bala tersebut, Allah angkat berkat (berkah), adanya pemimpin yang zalim, dan meninggal dunia tanpa iman (dalam keadaan tidak beriman).

Selain itu, sebagaimana Surah An Nisa ayat (116) kesyirikan atau menserikatkan Allah yang tak mendapatkan ampunan Nya. "Sebab syirik tersebut dosa besar atau bala yang cukup besar," tegas khatib.
Khatib H Muhammad Qurtubi saat khutbah di Masjid Al Fa'izun Komplek Beruntung Jaya Banjarmasin, sebelum Shalat Jumat (8/9/23). (ANTARA/Syamsuddin Hasan)

Dengan nada keras khatib menyatakan, belakangan ini banyak orang yang "murtad" karena ulah atau itikad dan keyakinan yang salah.

"Semoga Allah menguatkan keimanan dan ketaqwaan kita sehingga terhindar segala bentuk/macam bala," demikian M Qurtubi dalam khutbahnya berdorasi lebih kurang lima menit.
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023