Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor meraih penghargaan Anugrah Pertanian Indonesia 2023 dalam perannya menciptakan terobosan inovasi program sistem integrasi sapi kelapa sawit berbasis kemitraan usaha ternak inti plasma atau disingkat Siska KU Intip.
 
Kepala Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kalsel, Berkatullah di Banjarmasin, Jumat, menyampaikan, Gubernur Kalsel menerima penghargaan tersebut dari Kementerian Pertanian RI.
 
"Penghargaan langsung diberikan Menteri Pertanian RI dalam rangkaian gelar Perkebunan Indonesia Expo (BUNEX) 2023 di Tangerang, Kamis," ucapnya.
 
Penghargaan ini terasa begitu spesial karena Gubernur Kalimantan Selatan menjadi satu satunya gubernur yang menerima penghargaan. Selain itu, hanya ada tiga bupati, yakni, Bupati Mempawah, Bupati Ogan Komering Ilir dan Bupati Wajo.
 
Gubernur Kalsel menyampaikan terimakasih atas penghargaan yang terima, bahwa ini berkat kerja keras dan sinergi stakeholders terkait dalam memajukan sektor perkebunan.
 
Gubernur yang lebih akrab disapa Paman Birin tersebut mengatakan, dirinya menggagas program Siska Ku Intip untuk peningkatan produksi dan populasi sapi melalui pemanfaatan lahan sawit inti-plasma, pemanfaatan limbah industri sawit dan pelepah sawit untuk pakan ternak.
 
"Demikian juga penguatan pembiayaan dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit dan penguatan rantai pasok ternak dan hasil ternak," ujarnya.
 
Dia pun menyampaikan, bahwa penghargaan yang diperolehnya menjadi spirit bagi semua, khususnya para pelaku perkebunan untuk bisa terus mengembangkan potensi perkebunannya.
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023