Amuntai, (Antaranews.Kalsel) -Hingga akhir Juli 2016 sebanyak 7388 orang masih mengisi daftar tunggu pemberangkatan haji di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan.


Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Gurdani Syukur di Amuntai, Sabtu mengatakan, pemerintah terus berupaya meningkatkan jumlah kuota haji agar terus bertambah sehingga tidak terjadi antrian daftar tunggu yang begitu lama.

"Pada musim haji tahun ini saja Kabupaten HSU hanya mengirim 250 orang calon haji dan masih tersisa 7388 orang dalam daftar tunggu," ujar Gurdani.

Gurdani mengatakan, minat dan kemampuan masyarakat Kabupaten HSU untuk berangkat menunaikan rukun Islam yang kelima ini cukup tinggi, dimana setiap tahun jumlah daftar tunggu terus meningkat.

Pada pemberangkatan jema'ah calon haji tahun ini akan berangkat dalam dua gelombang, gelombang pertama berangkat menuju Madinah 10 Agustus, sedang gelombang kedua tanggal 17 Agustus.

Gurdani mengatakan, gelombang pertama yang tergabung dalam kloter 2 BDJ berjumlah 235 orang berangkat menuju Asrama Haji Banjarbaru 9 Agustus,bergabung dengan jama'ah calon haji Kotamadya Banjarmasin, diperkirakan tiba di Madinah 11 Agustus pukul 07.25 waktu Madinah.

Sedang gelombang dua tergabung dalam kloter 9 berjumlah 15 orang yang bergabung dengan jama'ah haji Kabupaten Tabalong berangkat ke Asrama Haji pada 16 Agustus, diperkirakan tiba di Madinah 17 Agustus pukul 07.25 waktu setempat.

Wakil Bupati HSU Husairi Abdi saat menutup manasik haji sekaligus sholat hajat bersama dengan seluruh calon haji di Mesjid Sungai Malang berpesan kepada jama'ah untuk mempersiapkan fisik dan mental.

"Tetap menjaga kebersamaan antar jama'ah HSU agar seluruh calon haji dalam melaksanakan ibadah haji dengan sebaik-baiknya dan kembali ke daerah dengan selamat, "katanya.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016