Pelaihari, (Antaranews Kalsel) - Direktur Pengembangan Wilayah Industri II Kementerian Perindutrian RI Busharmaidi menyerahkan Masterplan dan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Industri Jorong kepada Bupati Tanah Laut (Tala) H Bambang Alamsyah,  di Aula Bappeda setempat, Rabu (3/8).


Penyerahan  Masterplan dan RDTR tersebut dalam Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan Kawasan Industri Prioritas (Jorong dan Batulicin) di Provinsi Kalimantan Selatan, dihadiri Bupati Tanah Laut a dan Sekretaris Tanah Bumbu Drs Said Akhmad.

Bupati Tanah Laut H Bambang Alamsyah mengungkapkan,  saat ini Tanah Laut siap untuk membangun kawasan industri di Kecamatan Jorong.

Diutarakannya, Pemkab Tanaha Laut sudah melakukan pembebasan lahan yang akan digunakan untuk Rencana Induk Pelabuhan (RIP).

“Kawasan penunjang lainnya juga sudah kami persiapkan termasuk membangun rumah sakit tipe D, yang rencananya akan mulai dibangun tahun ini. Termasuk salah satu kawasan penunjangnya objek pariwisata,” ujarnya.

Terpisah,  Direktur Pengembangan Wilayah Industri II Kementerian Perindutrian RI Busharmaidi  menyatakan,  Kementerian Perindustrian RI sangat mendorong pertumbuhan industri di luar Pulau Jawa.

Ketika daerah sudah menentukan kawasan industrinya, jelas dia, maka pemerintah pusat siap membantu dalam perencanaan, mulai dari masterplan hingga Detail Engineering Desain (DED).

Bahkan, terang dia,  kementerian juga ingin membantu memfasilitasi kawasan dasar, mulai dari jalan poros hingga penampungan bahan baku dan lainnya.

Dalam kegiatan itu, Direktur Pengembangan Wilayah Industri II Kementerian Perindutrian RI Busharmaidi menyerahkan RDTR dan DED kepada Kepala Bapeeda Tanah Bumbu.

Selain dihadiri Bupati Tanah Laut H Bambang Alamsyah, kegiatan itua dihadiri Sekdakab Tanah Laut H Abdullah, Tala, Kepala Dinas Perindustrian Kalsel, serta pejabat Pemkab Tanah Laut dan Tanah Bumbu.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016