Kapolda Kalimantan Selatan(Kalsel) Irjen Pol Andi Rian Djajadi memegang komitmen pengurus dan simpatisan partai politik (parpol) untuk senantiasa menjaga kerukunan dan menghindari potensi gesekan selama periode kampanye dan pemungutan suara Pemilu 2024.

"Komitmen bersama telah dibuat dengan semangat mendukung dan memastikan pesta demokrasi berjalan aman, damai, dan sejuk," kata Kapolda Andi di Banjarmasin, Selasa.

Baca juga: Memberangus kampung narkoba di Banjarmasin

Kemudian komitmen itu juga mencakup langkah-langkah konkret, seperti penyelenggaraan dialog terbuka, pengawasan bersama terhadap kampanye yang santun dan beretika, serta pendekatan komunikasi yang meminimalisasi berita palsu dan provokatif yang bisa memicu ketegangan.

Kapolda mengumpulkan pengurus parpol termasuk sejumlah tokoh dari organisasi masyarakat (ormas) di Banjarmasin untuk menciptakan kerja sama yang erat guna menjamin pelaksanaan pemilu yang damai dan tertib di wilayah Provinsi Kalsel.
Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Andi Rian Djajadi turut melakukan penandatanganan komitmen menjaga kesejukan Pemilu 2024. (ANTARA/Firman)


Dia berharap Kalsel dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam menciptakan suasana yang kondusif untuk pelaksanaan pemilu yang berintegritas dan damai.

Baca juga: 7 Agustus 2023, Ditlantas Polda Kalsel terapkan uji praktik SIM terbaru

Disebutkan Kapolda yang menjadi perhatian bersama dalam kontestasi politik Pemilu 2024 yaitu potensi penyebaran hoaks dan ujaran kebencian melalui media online dan media sosial.

Oleh karena itu, dibutuhkan koordinasi dan komunikasi semua pihak untuk sama-sama satu semangat menjaga persatuan di tengah perbedaan pilihan politik.

Kapolda pun mengapresiasi partisipasi serta keterlibatan ormas dan parpol dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif menjelang dan selama pelaksanaan pemilu.

Baca juga: Polsek Banjarmasin Barat tangkap bandar sabu di "Kampung Narkoba"

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023