Pelaksana tugas Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan Nurul Fajar Desira Ces menyampaikan peserta dari Belanda ikut meramaikan Kalsel Expo pada 30 Agustus-3 September 2023 di Kota Banjarbaru.

Fajar di Banjarbaru, Jumat, peserta dari "Negeri Kincir Angin" tersebut bergerak pada bidang makanan atau produk desinfektan makanan (produk penyeteril makanan).

Baca juga: Kemenkumham Legal Expo gelar talkshow kupas tuntas pelayanan hukum

"Kita sangat bersyukur ada salah satu negara luar bisa bergabung di kegiatan Kalsel Expo yang mana ini merupakan hasil koordinasi dengan Kementerian Perdagangan RI," ujarnya.

Fajar menyampaikan Expo Kalsel 2023 memang dirancang berbeda dan lebih maju dari tahun sebelumnya, karena visi Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, yakni Kalsel Menjemput Dunia.

"Kita harap tahun akan datang lebih banyak lagi dari luar negeri yang ikut berpartisipasi," tuturnya.

Selain visi Kalsel menjemput dunia, kata Fajar, Kalsel Expo 2023 juga bertujuan untuk menunjukkan Kalsel sebagai pintu gerbang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Baca juga: Kemenkumham Kalsel buka semua layanan di Legal Expo 2023

"Kalsel Babussalam, sehingga diharapkan Kalsel itu provinsi atau gerbang yang memberi kedamaian bagi siapa saja yang menuju IKN," ucap Fajar.

Karena luasnya tujuan dalam kegiatan Kalsel Expo 2023 ini, ucap Fajar, maka persiapan terus dimatangkan.

Pihaknya terus melakukan "technical meeting" untuk memastikan progres dari kesiapan peserta dan panitia pada pelaksanaan Kalsel Expo 2023 tersebut.

“Berkenaan dengan technical meting Kalsel Expo 2023, saat ini panitia sudah mulai mendirikan sarana prasarana berupa tenda, panggung, dan lain-lain," katanya.

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Kalsel gelar Legal Expo di Atrium Duta Mall Banjarmasin

Selain itu, Fajar juga mengarahkan para peserta stan yang mengikuti expo memperhatikan hal-hal penting seperti nomor stan, pengaturan lalu lintas, keamanan, kebersihan dan kesehatan.

"Selain itu kita juga membahas evakuasi kebakaran," ucapnya.

Fajar menyebutkan Kalsel Expo untuk menaikkan produk unggulan kearifan lokal dan membantu UMKM membuka jaringan pasar nasional dan global, memberikan coaching clinic untuk packaging produk lokal, narasumber dari Kemendag/praktisi produk ekspor, serta Workshop Kewirausahaan UMKM Naik Kelas.

"UKM yang mengikuti Kalsel Expo tahun ini akan dikurasi oleh Tim Kemendag dan akan dibawa mengikuti TEI Trade Expo Indonesia pada Oktober 2023 sebagai implementasi kelanjutan dari hasil UMKM yang terpilih untuk masuk ke pasar nasional dan internasional," ungkap Fajar.

Baca juga: Ganjar Pranowo sebut Kalsel dan Jateng kolaborasi tingkatkan UMKM

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023