Polres Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar Program Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini dengan penanaman bibit pohon serentak di empat kawasan salah satunya di kawasan Islamic Center, Desa Hamalau, Kecamatan Sungai Raya.

"Di wilayah HSS penanaman pohon kita laksanakan di empat titik, di tiga kecamatan, ada 3.100 bibit berbagai jenis tanaman yang kita tanam hari ini," kata Kapolres HSS AKBP Leo Martin Pasaribu, di Hamalau, Rabu.

Dijelaskan Leo, penanaman pohon yang di laksanakan ini serentak dipimpin langsung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, di Pulau Rinca, Nusa Tenggara Timur(NTT), bertujuan untuk melestarikan lingkungan.

Baca juga: Pelaku pembakar lahan tertangkap tangan di Daha Barat HSS

Empat titik penanaman pohon di HSS, antara lain di di kawasan Islamic Center di Desa Hamalau, di Masjid Ponpes Ibnu Masud, Desa Ida Manggala, Kecamatan Sungai Raya.

Selanjutnya, di area Pondok Pesantren (Ponpes) Raudhatul Firdaus, Dusun Pagar Haur, Desa Jelatang Padang Batung dan di Ponpes Baladul Amin, Desa Mandala, Kecamatan Telaga Langsat.

"Penanaman bibit pohon trambesi, mahoni, bungur, durian, jambu, sirsak, mangga, alpukat, sampai kelengkeng ini dilakukan di kawasan Islamic Center HSS Desa Hamalau Sungai Raya, begitupun di tiga titik lainnya," ujarnya.

Penanaman 3.100 bibit pohon tersebut melibatkan seluruh elemen masyarakat dan Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang ada di Kabupaten HSS.

Nantinya dalam pemeliharaan tanaman juga akan melibatkan semua pihak, yang telah berpartisipasi dalam melakukan penghijauan melestarikan lingkungan untuk negeri ini.

Baca juga: Kalsel kemarin, Polres Tabalong usut kebakaran belasan rumah hingga Pelaku sajam di HSS diamankan

Sekretaris Daerah (Sekda) HSS H Muhammad Noor, mengatakan pemerintah daerah menyambut baik adanya kegiatan penghijauan yang dilakukan Polri, khususnya Polres HSS.

"Kami berterima kasih kepada Polres HSS melaksanakan penghijauan di salah satu titik, yang ada di kawasan Komplek Islamic Center," ucapnya.

Ditambahkan dia, pemerintah daerah akan ikut melakukan pemeliharaan bibit pohon, yang diketahui dari bibit trambesi, mahoni, bungur, durian, jambu, sirsak, mangga, alpukat, kelengkeng, dan lainnya yang telah ditanam bersama.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023