Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Angsana berhasil meraih Juara Pertama pada Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, yang dilaksanakan oleh Kantor Ketahanan Pangan Daerah (KPD).

Hasil kreasi menu masakan yang disajikan oleh TP PKK Kecamatan Angsana mengalahkan pesaing lainnya dari 9 Kecamatan yang mengikuti lomba Menu B2SA. Dalam lomba tersebut selain Juara 1 diraih oleh Kecamatan Angsana, untuk Juara 2 di raih oleh Kecamatan Simpang Emapt serta Juara 3 diraih Kecamatan Satui.

Kepala Kantor KPD Tanbu, Ahmad Fauzi mengatakan Lomba B2SA dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan derajat kesehatan keluarga serta meningkatkan ketahanan pangan lokal.

Menu yang ditampilkan pada lomba menu B2SA selain berbahan pangan lokal seperti jagung, umbi-umbian, sayur, buah, serta ikan lokal juga memperhatikan pada aspek kebersihan, keanekaragaman, tampilan sajian dan kandungan giizi dari menu masakan yang ditampilkan.

Menurut, Ahmad Fauzi, menu makanan yang sehat dan bergizi tidak harus mahal. Tetapi bisa dibuat dan dikreasikan sendiri dirumah dengan memanfaatkan tanaman lokal yang ada d sekitar kita.

Disisi lain, Ahmad Fauzi mengatakan, pada lomba B2SA tahun ini bahan menu masakan lebih di fokuskan pada potensi tanaman yang ada di wilayah Kecamatan masing-masing berbahan non beras dan non terigu.

"Menu masakan lebih menekankan pada kearifan lokal. Jadi apa yang menjadi kebiasaan masyarakat setempat di gali dan ditampilkan. Kita ingin menggali potensi yang ada kecamatan yang mempunyai sumber daya pangan yang bisa dikembangkan," ujar Ahmad Fauzi.

Lomba ini  bertujuan juga untuk mengurangi konsumsi beras dan meningkatkan konsumsi sayur dan buah-buahan. Karena banyak menu alternative lain pengganti beras sebagai karbohidrat seperti jagung dan ubi.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016