Dinas Pekerjaan Umum dan  Penataan Ruang Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan  membangun  jaringan distribusi dan   sistem penyediaan air minum atau SPAM di Kelurahan Belimbing Kecamatan Murung Pudak.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tabalong Wibawa Agung Subrata mengatakan sambungan  SPAM di Kelurahan Belimbing  sebanyak 450 rumah guna meningkatkan penyediaan air bersih yang layak bagi masyarakat.

Baca juga: Pengoperasian Bandara Udara Warukin Tabalong tunggu perpanjangan SBU

"Pembangunan distribusi dan sambungan rumah SPAM salah satu program strategis Dinas PUPR yang telah dituangkan dalam SK Bupati," jelas Wibawa di Tabalong, Jumat.

Proyek  jaringan SPAM di  wilayah perkotaan ini  untuk pengembangan jaringan distribusi PT Air Minum Tabalong Bersinar.

 Wibawa menyebutkan untuk SPAM kota tersebar di sembilan   lokasi yang bersumber  dana APBD 2023 dan empat lokasi menggunakan  dana alokasi khusus  bidang air minum.

Untuk mendukung pembangunan jaringan sistem penyediaan air minum spam wilayah perkotaan Dinas PUPR Tabalong mengalokasikan dana sebesar Rp 8,2 miliar  dan dana alokasi khusus bidang air minum sebesar  Rp12,68 miliar.

Baca juga: Pelajar Tabalong jadi pelopor keselamatan berlalu lintas Kalsel 2023

Penggunaan dana APBD berupa  pengadaan dan pemasangan pipa distribusi  di  Desa Bahungin, Desa Ampukung, Desa Nawin, Komplek Perumajan Pondok Indah Permai, Komplek Perumahan AR Raudah, Komplek Green Melati, Komplek Perumahan Maluyung, Desa Gumuk, dan Desa Puain Kanan.

Serta pengembangan jaringan distribusi dan pemasangan 1.500 sambungan rumah di Desa Maburai,  Kelurahan Belimbing Raya   dan Kelurahan Hikun Kecamatan Tanjung.

Selain wilayah perkotaan Pemerintah Kabupaten Tabalong juga menerima bantuan dana pusat untuk pemasangan 1.500 sambungan rumah untuk jaringan layanan air minum bagi  18 desa yang tersebar di enam kecamatan.

 Bantuan Sambungan baru 1.500 rumah tersebar di Kecamatan Muara Uya yakni untuk Desa  Binjai, Desa Salikung, Desa Simpung Layung, Desa Uwie, dan Kecamatan Bintang Ara mencakup 
Desa Bumi Makmur dan Desa Dambung Raya.

 Juga di Desa Jirak, Kecamatan Pugaan, Desa Juai, Desa Kambitin, Desa Kambitin Raya, Desa Pamarangan Kiwa, dan Desa Mahe Seberang, Kecamatan Tanjung.
 
Desa Kasiau Kecamatan Murung Pudak dan di Kecamatan Haruai masing-masing Desa Nawin, Desa Saradang, Desa Wayau, Desa Wirang serta Desa Suput.

Baca juga: HUT ke-78 RI sebanyak 321 Napi di Tabalong terima remisi
 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023