Martapura (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, fokus terhadap upaya restorasi lahan gambut yang dicanangkan pemerintah pusat untuk mengantisipasi kebakaran hutan.


"Pemkab siap dan tengah fokus mendukung upaya restorasi lahan gambut seperti yang dicanangkan pemerintah," ujar Sekda Pemerintah Kabupaten Banjar, Nasrun Syah di Martapura, Selasa.

Ia mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan langkah yang akan dilakukan terhadap lahan gambut yang cukup banyak tersebar pada sejumlah wilayah di kabupaten itu.

Dijelaskan, langkah yang disiapkan yakni membangun satu percontohan kawasan restorasi gambut sehingga bisa dijadikan contoh penanganan lahan gambut bagi kawasan lain.

"Kami menjadikan satu kawasan sebagai percontohan kawasan restorasi gambut sehingga bisa menjadi contoh bagi kawasan lain yang memiliki lahan gambut," ungkapnya.

Menurut dia, kawasan percontohan terletak di Kecamatan Gambut dan tengah disiapkan sistem kanalisasi untuk mencegah meluasnya kobaran api jika terjadi kebakaran lahan.

"Sistem kanalisasi yang disiapkan sesuai arahan tim restorasi gambut dari Pemprov Kalsel maupun pusat dan kami yakin, sistem kanalisasi cukup efektif," ucapnya.

Ditekankan, seluruh jajaran Pemkab Banjar terus mempersiapkan diri untuk menghadapi musim kemarau yang diiringi kebakaran hutan dan lahan terutama di kawasan lahan gambut.

"Kami sudah menyiapkan langkah pencegahan melalui koordinasi dinas dan instansi terkait sehingga jika ada kebakaran hutan dan lahan bisa cepat diantisipasi," ujarnya.

Dikatakan, salah satu langkah yang disiapkan adalah menekan jumlah titik api terutama di kawasan lahan gambut sehingga tidak menjadi penyebab munculnya kabut asap.

"Kami mengoptimalkan fungsi Badan Penanggulangan Bencana Daerah namun saling berkoordinasi dinas dan instansi terkait mencegah munculnya titik api," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016