Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Pena Hijau Indonesia lakukan penanaman 1.000 pohon produktif dalam program Ekspedisi Meratus 2023 meliputi Kabupaten Tapin dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. 

Kepada Dinas Kehutanan Kalimantan Selatan Fatimatuzahra mengatakan sebanyak 1.000 pohon produktif bernilai ekonomi itu ditanam di dua lokasi yaitu Desa Buni'in Jaya, Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin dan Desa Layuh, Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. 

Baca juga: Pemkab HST gelar pengabdian "Ekspedisi Meratus 2023"

"Ekspedisi Meratus 2023 ini merupakan bagian dari menyemarakkan Hari Jadi Provinsi Kalsel dan Hari Kemerdekaan RI melalui kegiatan penanaman. Ini juga sejalan dengan arahan Gubernur Kalsel untuk menggelorakan revolusi hijau untuk peningkatan kualitas lingkungan hidup Kalsel," ujarnya saat dikonfirmasi di Banjarmasin, Sabtu. 

Pihaknya, kata Fatimatuzahra, berharap bibit yang sudah ditanam ini dapat dipelihara oleh masyarakat dengan baik sehingga kedepannya dapat memberikan manfaat langsung secara ekonomi dan manfaat tidak langsung dengan meningkatnya kualitas lingkungan hidup. 

Ekspedisi Meratus ini, merupakan kegiatan penjelajahan desa-desa terpencil di kawasan Pegunungan Meratus. Mengeksplor potensi keanekaragaman hayati, budaya, wisata dan ekonomi masyarakat desa. 

Baca juga: Peringati hari lingkungan hidup Pena Hijau lakukan ekspedisi Meratus

Kegiatan yang dijadwalkan berlangsung pada Agustus hingga September 2023 ini juga dibarengi kegiatan pendakian puncak-puncak Pegunungan Meratus.

Selain Pena Hijau, kegiatan penanaman di lokasi daerah aliran sungai (DAS) tepatnya di Desa Layuh, Kecamatan Batu Benawa, Hulu Sungai Tengah, hari ini berkolaborasi dengan berbagai pihak diantaranya Dinas Lingkungan Hidup, Biji Kopi, organisasi IAAS Universitas Lambung Mangkurat, Posko Meratus, KNPI, Gembuk, Gema MA dan masyarakat desa setempat.

Sedangkan, sehari sebelumnya Jum'at (11/8) untuk penanaman di lokasi Desa Buniin, Kecamatan Piani, Tapin, bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Tapin dan Kelompok Tani Hutan Desa Buniin, Kecamatan Piani, KPH Hulu Sungai, PT Adaro dan PT Harapan Warga Mandiri. 

Baca juga: Tim Ekspedisi Meratus Temukan 32 Tanaman Langka

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023