Penyanyi ternama Indonesia Novia Bachmid tampil memukau di malam puncak Tapin Art Festival 2023 di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, yang berlangsung Rabu,  

Sorak ribuan penonton menghantar Novia tampil ke panggung utama Tapin Art. Lagu, "Wonderland Indonesia" medley beberapa lagu daerah yang di komposisi oleh Alffy Rev jadi pembuka acara puncak itu. 

Novia jebolan Indonesian Idol ini sukses membakar semangat penonton dengan lagu kece yang mengudara pada HUT ke-76 RI itu. 
.
Baca juga: Debu hembuskan musik Islami di Tapin Art Festival

Lagu kedua, Novia berkolaborasi dengan penari asal Kalimantan Selatan membawakan lagu daerah Kabupaten Tapin, berjudul "Balahindang", sebuah lagu legenda tentang hikayat seekor naga. 

Dengan busana berwarna hijau Novia tampil apik bawakan lagu daerah itu sambil ikuti koreografi para penari yang mengenakan pakaian adat Suku Banjar. 

Baca juga: Kahanjak Huang Palangkaraya juara satu parade tari se-Kalimantan di Tapin Art

Di lagu ketiga, Novia ajak penonton sedikit berdendang dengan lagu yang populer di telinga masyarakat, yakni "Ikan Dalam Kolam" dari Elcorona Gambus. 

Sudah berdendang, Novia ajak penonton bergalau riya dengan lagu keempat. Kali ini lagu ciptaannya sendiri yakni, "Bahasa Cinta" di momen ini Novia banyak bicara tentang cinta. 
 
Novia Bachmid manggung di malam puncak Tapin Art Festival di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Rabu, (9/8/2023). ANTARA/Muhammad Fauzi Fadilah


Merasuk "Bahasa Cinta", di lagu ke empat di timpal Novia dengan lagu romantis ciptaan Raim Laode berjudul "Komang". Penonton dibuat hanyut oleh lagu itu, mereka bernyanyi bersama dengan Novia yang sambil berjalan ke bawah panggung.

Lagu ke lima dan ke enam, penonton diajak jingkrak - jingkrak lagi oleh Novia dengan lagu bahari milik musisi legenda Indonesia yakni "Bento" dan "Rumah Kita".

Sampai ke penghujung malam, Novia berikan dua lagu penutup yakni berjudul "Lonely" dan "Lathi". 

Baca juga: Pelaksana Tapin Art Festival target transaksi ekonomi Rp10 miliar

Bupati Tapin, HM Arifin Arpan menilai malam puncak  Tapin Art Festival ini secara umum sukses. 

"Semoga tahun depan bisa lebih meriah lagi," ujarnya yang turut menyaksikan penampilan Novia Bachmid bersama ribuan masyarakat Tapin. 

Tapin Art Festival 2023 bertajuk "Anggung Budaya Anjung Banua" ini digelar mulai 5-9 Agustus menampilkan beragam kegiatan.  Menjadi magnet untuk menarik pengunjung itu yakni, seperti festival tari se-Kalimantan, pameran UMKM, lomba mural, dan penampilan artis lokal hingga nasional.

Baca juga: Pelukis asal Kalimantan pamerkan karya mural di Tapin Art Festival 2023

 

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023