Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan membuka kerjasama dengan Education Malaysia Indonesia atau disingkat EMI diantaranya pertukaran mahasiswa hingga riset.
 
Direktur Poliban Kalsel Joni Riadi di Banjarmasin, Selasa, menyampaikan, terbukanya kerjasama ini untuk terjalin dengan adanya kunjungan rombongan petinggi EMI ke kampus Poliban pada Senin kemarin.
 
"Kami sangat senang atas kunjungan EMI ini ke kampus kami, tentunya akan sangat menguntungkan bagi dunia pendidikan kita," ujarnya.

Baca juga: 1.121 mahasiswa baru Poliban ikuti latihan mental dan bela negara
 
Joni pun mengungkapkan dalam pertemuan dengan EMI tersebut diantaranya untuk menawarkan inisiasi kerjasama dalam hal meningkatkan jenjang pendidikan baik untuk mahasiswa ataupun dosen.
 
Selain itu, kata Joni, pihaknya juga meminta EMI untuk memberikan referensi mengenai kampus di Malaysia agar sesuai dengan program studi (Prodi) yang ada di Poliban.
 
"Kampus kita ini kan ada sebanyak 21 program studi, nah dari 21 prodi ini mungkin ada referensi yang bisa memudahkan kita Politeknik ini pasnya dimana” ungkapnya.
 
Apalagi EMI menyampaikan membuka peluang beasiswa bagi mahasiswa Poliban untuk pendidikan luar negeri.

Baca juga: Poliban boyong tiga prestasi pada ajang KMIPN V-2023
 
Selain itu, EMI juga membuka peluang selain pertukaran pelajar maupun dosen, juga pelaksanaan riset bersama.
 
"Karenanya kita sangat senang untuk jalinan kerjasama ini, tentunya diupayakan bisa terwujud semuanya, kita akan terus jalin komunikasi dengan EMI," demikian kata Joni.
 
Dalam rilis resminya, Education Attache, Education Malaysia Indonesia (EMI), Zulfadhli Bin Hamzah menyampaikan telah melakukan kunjungan ke Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalsel.
 
Kunjungan tersebut, kata dia, sebagai jembatan kerjasama pendidikan antar dua negara, khususnya universitas atau politeknik di Indonesia untuk melanjutkan pendidikan di Malaysia.
 
"Kami perwakilan dari Malaysia di Indonesia dan peran kami adalah menjembatani mahasiswa di universitas atau Politeknik di Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di Malaysia," demikian ucap Zulfadhli Bin Hamzah.
 
Baca juga:https://poliban.ac.id/education-malaysia-indonesia-emi-dukung-kemajuan-pendidikan-di-poliban-melalui-kerjasama-luar-negeri/
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023