Anggota DPRD Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan Liana mendukung promosi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang disediakan tempat di sekretariat dewan setempat.
 
"Kami mendukung pengembangan dan promosi UMKM seperti yang dilakukan sekretariat menyediakan tempat khusus bagi pelaku usaha memajang produk dan hasil karya," ujar Liana di Banjarbaru, Senin.

Baca juga: Pansus DPRD Banjarbaru konsultasi soal Raperda ke Kemenkop UKM
 
Menurut politisi perempuan di DPRD Banjarbaru itu, pihaknya mendorong Pemkot Banjarbaru melalui dinas maupun badan untuk berperan aktif mempromosikan produk UMKM agar lebih dikenal luas.
 
Liana menuturkan, langkah yang dilakukan Sekretaris DPRD Arnawaty Supiatin menyediakan suatu tempat khusus yang diberi nama "Ruang UMKM" sangat bagus karena dapat menjadi sarana promosi bagi UMKM.
 
"Keberadaan ruang UMKM tentu membantu promosi produk dan juga membantu pemasaran karena tamu dari luar daerah yang datang untuk studi banding atau berkunjung bisa diajak membeli produk," ucapnya.
 
Ditekankan Liana, ruang UMKM juga memudahkan sekretariat DPRD saat ingin mengajak tamu untuk membeli produk khas Banjarbaru termasuk oleh-oleh karena tidak perlu repot keluar gedung DPRD setempat.
 
"Cukup membelinya di ruang UMKM karena beragam produk tersedia seperti Sasirangan Bordir, kerajinan Purun hingga produk minuman dan makanan ringan yang menjadi ciri khas Banjarbaru," ungkapnya.
 
Diketahui, Sekretariat DPRD Kota Banjarbaru ikut mempromosikan beragam produk unggulan lokal yang berasal dari pelaku usaha melalui ruangan khusus Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Baca juga: DPRD Balangan terus dorong pengembangan produk UKM
 
Sekretaris DPRD Kota Banjarbaru Arnawaty Supiatin mengatakan, ruang khusus UMKM menempati tempat strategis di lantai 2 tepatnya lorong menuju ruangan rapat yang sering dilalui orang.
 
"Ruang UMKM resmi dibuka, Senin (31/7) lalu dan menempati lokasi strategis karena jadi penghubung menuju ruang rapat yang sering dilalui orang sehingga jika berminat bisa membeli produk," ujarnya.
 
Menurut Arnawaty, produk unggulan yang dipajang seperti Sasirangan Bordir khas produk pengrajin lokal, aneka produk purun baik tas, dompet hingga aksesoris termasuk beragam produk minuman dan snack.
 
Dijelaskan Arnawaty, penyediaan ruang UMKM yang terletak di lantai 2 gedung DPRD juga sebagai bentuk partisipasi sekretariat dewan dalam promosi dan pengembangan produk UMKM yang menjadi unggulan.
 
"Selain membantu pengembangan dan promosi produk UMKM, ruang yang khusus memajang berbagai produk itu juga memudahkan tamu dari daerah lain baik Kalsel maupun luar Kalsel membelinya," ucap dia.
 
Dikatakan pejabat perempuan itu, selama ini DPRD Banjarbaru banyak menerima kunjungan atau tamu dari berbagai daerah yang menjalankan tugas atau studi banding sehingga disiapkan berbagai produk UMKM.
 
"Jadi, mereka yang datang ke DPRD bukan hanya menjalankan tugas dan bertamu, tetapi juga bisa membeli produk UMKM yang ditampilkan di ruang khusus sehingga tidak perlu jauh-jauh ke tempat lain," katanya.

Baca juga: Kalsel siap gelar Nasional Halal Fair 2023

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023