Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atau yang kerap disapa Paman Birin menargetkan sebanyak empat misi pada kegiatan Turun ke Desa (Turdes) Kemerdekaan bersama rombongan dengan mengunjungi 13 kabupaten/kota.

“Pada Turdes Kemerdekaan ini ada empat misi yang kami bawa yaitu pengentasan stunting, penurunan angka inflasi, penanaman pohon untuk program revolusi hijau dan pembuatan e-KTP beserta kartu keluarga,” kata Paman Birin saat melaksanakan kegitan Turdes Kemerdekaan di Balangan, Minggu.

Baca juga: Bupati Tabalong: Kehadiran Paman Birin memotivasi bagi masyarakat

Paman Birin melanjutkan kegiatan Turdes Kemerdekaan ini sudah pelaksanaan yang ke sembilan, dan banyak program yang terlahir dari kegiatan ini.

Paman Birin menyebut Turdes Kemerdekaan ini juga dalam momentum memperingati HUT ke-78 Republik Indonesia 2023 dan Hari Jadi ke-73 Provinsi Kalimantan Selatan.

“Kita bersama jajaran kepala SKPD turun langsung untuk menyerap aspirasi masyarakat dan memberikan berbagai bantuan,” sebut Paman Birin.

Pada kegiatan Turdes Kemerdekaan di Balangan, Paman Birin sangat mengapresiasi semangat dan sambutan dari siswa-siswi SMK Batumandi, bahkan mengajak perwakilan pelajar untuk memimpin yel-yel para undangan yang berhadir serta memberikan kuis.

Baca juga: BPBD Kalsel keliling desa sosialisasikan pencegahan karhutla

Selain itu Paman Birin juga melaksanakan penanaman pohon, pemberian bantuan untuk stunting dan hal-hal lainnya kepada masyarakat dan siswa yang membutuhkan.

“Kami berharap semoga kegiatan ini menjadi berkah, dan hal-hal yang menjadi masukan bagi pemerintah provinsi akan segera ditindaklanjuti dan direalisasikan secepatnya,” tutur Paman Birin.

Diketahui, Turdes Kemerdekaan juga menjadi bagian dari peringatan Hari Jadi ke-73 Provinsi Kalimantan Selatan dan HUT ke-78 Kemerdekaan RI ini berlangsung dari 3 hingga 8 Agustus 2023.

Rombongan Turdes diikuti sejumlah pimpinan Forkopimda Kalsel seperti Danrem 101/Antasari, Danlanud, Danlanal, Stafsus Gubernur H Achmad Maulana, pimpinan SKPD dan ASN Pemprov Kalsel.

Baca juga: Mujiyat: Turdes kesempatan masyarakat desa sampaikan keluhan infrastruktur

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023