Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengatakan kehadiran Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui kegiatan Turun ke Desa (Turdes) bertemakan "Kemerdekaan Bergerak Lintas Seribu Sungai Banua" menjadi motivasi bagi masyarakat setempat.

"Kami mencoba menjabarkan dan menerapkan makna Bergerak dalam upaya percepatan pembangunan  di Tabalong," ungkap Anang di Tabalong, Sabtu.

Baca juga: BPBD Kalsel keliling desa sosialisasikan pencegahan karhutla

Dengan slogan "Bergerak", Anang pun optimis bisa mewujudkan Kabupaten berjuluk "Bumi Saraba Kawa" itu sebagai "Serambi Depan" di Provinsi Kalsel dan menjadi kabupaten terdepan.

Kini Kabupaten Tabalong masuk 10 besar nasional dengan angka inflasi terendah, yakni 2,27 persen per tahun.

Termasuk mampu menekan kasus stunting hingga 19,7 persen dari hasil Survei Status Gizi Indonesia Kementerian Kesehatan.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor menilai keberhasilan Kabupaten Tabalong sebagai wujud penerapan slogan Bergerak, yakni "Berjuang Gelorakan Rakyat".

Baca juga: Mujiyat: Turdes kesempatan masyarakat desa sampaikan keluhan infrastruktur

"Tabalong masuk 10 besar nasional inflasi terendah jadi prestasi yang membanggakan," ucap Sahbirin.

Kunjungan Gubernur Kalsel bersama rombongan di SMA Negeri 1 Tanjung sekaligus menyerahkan sejumlah bantuan dari Pemprov Kalsel di antaranya paket sembako, pagar elektrik sapi program "Siska Kuintip", pupuk intensifikasi tanaman karet hingga bantuan bibit tanaman buah dan peneduh.

Termasuk penanaman pohon bersama jenis tanaman peneduh Bunga Tanjung bantuan dari Kesatuan Pengelola Hutan di halaman SMA Negeri 1 Tanjung.

Baca juga: PUPR Kalsel diperintah tuntaskan proyek jalan penghubung di Barambai

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023