Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Selatan (Kalsel) mengerahkan tim edukasi profesional menggunakan mobil komunikasi informasi dan edukasi (KIE) menyosialisasikan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan berkeliling hingga ke pelosok desa.

Tim Mobil KIE menjelajahi beberapa desa sejak dua hari lalu dengan aktif memberikan edukasi pencegahan karhutla juga mitigasi kebencanaan bersamaan dengan kegiatan Turun ke Desa (Turdes) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel.

“Sosialisasi ini untuk mengoptimalkan pencegahan bencana karhutla di Kalsel,” kata Kepala BPBD Kalsel Raden Suria Fadliansyah di Balangan, Sabtu.

Suria menyebutkan BPBD Kalsel mengerahkan Mobil KIE untuk menyosialisasikan pencegahan karhutla ke tempat pelayanan publik dan sekolah hingga pelosok desa.

Dia berharap program KIE dapat menambah pengetahuan masyarakat terkait dampak buruk karhutla maupun langkah-langkah pencegahan.

Sementara itu, Manager Program KIE BPBD Kalsel Ariansyah mengatakan sosialisasi tersebut salah satu program utama khususnya Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kalsel.

“Program KIE bertujuan agar masyarakat mengetahui secara dini tentang kebencanaan dan upaya pencegahan,” ucap Ariansyah.

Kegiatan sosialisasi ke pelosok desa yang sudah terlaksana diantaranya pekan kemah bela negara (KBN) tingkat nasional di Kabupaten Banjar pada Juni lalu.

Lebih lanjut, pada kegiatan Turdes Tim Mobil KIE berkeliling dimulai dari Kota Banjarmasin, Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Tapin, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kabupaten Tabalong, Kabupaten Balangan.

Ia mengatakan pula, perjalanan selanjutnya Sabtu sore menuju ke Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan kemudian masih ada sekitar lima kabupaten lagi yang akan dikunjungi tiga hari berikutnya.

Tim Program KIE tersebut yakni Kasubdit Kesiapsiagaan Ariansyah selaku Manager Program KIE, Kasubid Pencegahan Farid, Manager Konten yakni Mansyah dan Baihaqi Saputra, kemudian Presenter Edukasi dan Gim yaitu Julio dan Ola.

Sebelumnya, warga Desa Tabung Anen, Kecamatan Tabung Anen, Kabupaten Barito Kuala, Norhasanah mengaku antusias dan terbantu dengan program KIE dari BPBD Kalsel.

“Kita senang mendapat edukasi pencegahan karhutla dari BPBD Kalsel,” demikian Norhasanah.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023