Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry melaunching SMPN 1 Kandangan sebagai Sekolah Digital Indonesia (SDI), sekaligus sebagai pilot project.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kandangan Hj Roos Anita, di Kandangan, Rabu, mengatakan SDI memiliki beberapa fitur yang bisa digunakan, salah satunya adalah e-presensi.

"Nantinya daftar hadir anak-anak kita akan terkoneksi dengan WhatsApp orang tua yang aktif, sehingga bisa dilihat jam berapa anak datang dan pulang dari sekolah," ujarnya, dalam keterangan mengutip pers release Diskominfo HSS.

Baca juga: KKG PAI HSS bagikan santunan peringati hari besar Islam

Dijelaskan dia, tujuan e-presensi ini untuk menanamkan karakter positif, yaitu karakter berdisiplin terhadap anak-anak, dan kegiatan ekstra juga ada lagi tapping ulang.

Selain fitur e-presensi juga ada e-library dan LMS, maka anak-anak akan dicoba ujian atau ulangan dengan menggunakan LMS di fitur yang ada di SDI.

Bupati HSS H Achmad Fikry, menyambut baik kegiatan ini sebagai pilot project yang diharapkan nantinya sekolah lain bisa meniru SMP Negeri 1 Kandangan.

Baca juga: Darul Alum Kandangan akan gelar reuni alumni dari angkatan tahun 1970

"Banyak manfaat yang telah disampaikan tadi, dengan SDI pergerakan anak-anak kita di sekolah akan terpantau oleh orang tua, termasuk ada kemudahan dalam rangka perpustakaan dan lain-lain," ujarnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kandangan melalui inovasi dalam manfaatkan teknologi yang ada untuk kemajuan bidang teknologi pendidikan, di mana hal ini sejalan dengan program pemerintah yaitu SPBE.

Dalam rangkaian kegiatan ini juga dilakukan peresmian Gazebo dari alumni tahun 2023 oleh Bupati HSS selaku koordinator alumni, yang didampingi Ketua DPRD HSS H Akhmad Fahmi dan Sekretaris Daerah HSS H. M. Noor.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023