Desa Bakti dan Desa Pandawan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) memperoleh penghargaan “sustainable development goals” (SDGs) region Kalimantan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Kemendes PDTT memberikan penghargaan itu berdasarkan penilaian terkait pelaksanaan lomba sekaligus memperingati Hari SDGs Desa 2023 yang diselenggarakan oleh kementerian tersebut.

Baca juga: Polres HST ungkap kasus pencurian dan pembunuhan

“Kita meraih juara dua dan tiga lomba SDGs Desa 2023 tingkat region se-Kalimantan,” kata Bupati HST Aulia Oktafiandi dalam keterangan tertulis di Barabai, Selasa.

Aulia menyebutkan penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Kepala Badan Pengembangan Informasi Kemendes PDTT Ivanovich Agusta pada penutupan kegiatan International Conference on Sustainable Rural Development.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan desa itu mengangkat tema “Strengthening SDGs Desa as a strategic effort for sustaining national economic resilience” diselenggarakan di Jakarta beberapa hari lalu.

“Prestasi yang diraih oleh dua desa ini akan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat setempat,” ucap Aulia.

Dia berharap penghargaan itu menjadi motivasi bagi pemerintah desa (Pemdes) lainnya untuk meningkatkan kualitas pembangunan berkelanjutan sebagaimana tujuan dari SDGs yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Lembaga Kemasyarakatan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten HST Syahrina Juni mengatakan Desa Bakti Kecamatan Batu Benawa meraih juara dua dengan capaian angka SDGs 7, 9 dan 13.

Sedangkan Desa Pandawan Kecamatan Pandawan memperoleh juara tiga dengan capaian angka SDGs 7 dan 13.

Baca juga: KPPN Barabai sampaikan realisasi belanja semester I Tahun 2023

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023