Ketua Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin Dr H Muhammad Tambrin menyampaikan sebanyak 5.138 jamaah haji Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan sudah pulang ke Tanah Air.
 
Menurut Tambrin di Banjarbaru, Minggu, tibanya Kloter 15 Embarkasi Banjarmasin di Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarbaru tersebut sehingga total jamaah haji yang sudah pulang dari Arab Saudi ke Tanah Air sebanyak 5.138 orang dari sebanyak 5.708 orang diberangkatkan.

Baca juga: Info Haji - Kloter 18 kuota tambahan Embarkasi Banjarmasin tiba di Tanah Air
 
Diungkapkan dia, sebenarnya 16 Kloter Embarkasi Banjarmasin yang berasal dari Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah sudah tiba di Tanah Air karena ditambah satu kloter tambahan, yakni Kloter 18.
 
Tambrin menuturkan tinggal dua Kloter Embarkasi Banjarmasin yang masih di Tanah Suci Arab Saudi, yakni Kloter 16 dan 17 yang dijadwalkan tiba hingga 3 Agustus 2023.
 
Adapun jamaah haji Kloter 15 Embarkasi Banjarmasin yang telah berasal dari Kabupaten Barito Kuala, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin.
 
"Alhamdulilah, semua berjalan dengan sangat lancar, setelah tiba mereka langsung ke asrama haji untuk cek kesehatan, kemudian dipulangkan ke rumah masing-masing untuk kembali kumpul keluarga," tutur Tambrin.
 
Dia pun berpesan ke semua jamaah haji yang sudah tiba di Tanah Air agar senantiasa menjaga dan memilihara kemabruran haji.

Baca juga: Kalsel kemarin, dari kedatangan haji hingga seleksi Timnas Piala Dunia U-17
 
"Tanda haji seseorang diterima bisa dilihat dari konsistensi orang tersebut dalam kebaikan dan menjauh dari bermaksiat kepada Allah SWT," ujar Tambrin yang juga Kepala Kanwil Kemenag Kalsel tersebut.
 
Tambrin mengungkapkan, ada yang mengatakan haji mabrur adalah haji yang dikerjakan secara tulus dan ikhlas semata-mata karena Allah Swt. Keikhlasan itulah yang membuat seseorang mampu tegak lurus di atas agama ini
 
Sikap selanjutnya sebagai tanda sesorang memperoleh kemabruran haji adalah saling tolong menolong dalam kebaikan serta jauh dari sifat bermusuhan ditunjukkan oleh hadis Nabi lainnya tentang makna haji mabrur, yaitu “Memberi makan dan menyebarkan salam” (HR: Ahmad).
 
"Sifat inilah yang mestinya hadir dalam diri orang-orang yang sudah berhaji, manifestasi dari Islam sebagai agama rahmah bagi seluruh umat manusia," ucap Tambrin.

Baca juga: 327 jamaah haji Kloter 10 Embarkasi Banjarmasin tiba di tanah air

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023