Jamaah haji Kelompok Terbang (Kloter) 18 yang merupakan kuota tambahan Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan tiba di Tanah Air melalui Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin, Jumat.
 
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Tambrin di Banjarbaru, Jumat, mengatakan jamaah haji kuota tambahan yang datang sebanyak 245 orang.

Baca juga: 327 jamaah haji Kloter 10 Embarkasi Banjarmasin tiba di tanah air
 
Dikatakan dia, jamaah haji kuota tambahan yang datang dari Tanah Suci, Arab Saudi tersebut berasal dari Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.
 
Thamrin menuturkan jamaah haji Kloter 18 ini semula diberangkatkan sebanyak 246 jemaah, namun saat kepulangan hanya berjumlah sebanyak 245 jamaah, karena mutasi ke luar satu jamaah atas nama Djardiah Sapra Nafis.
 
Adapun jamaah haji Kloter 18 yang tiba di Tanah Air ini sesuai kabupaten/kota asal, yakni Provinsi Kalimantan Selatan dari Kabupaten Tanah Laut sebanyak enam orang, Kabupaten Banjar (60 orang), Kabupaten Tapin (empat orang), dan Hulu Sungai Utara (35 orang).
 
Kemudian Kabupaten Tabalong sebanyak 18 orang, Kita Banjarbaru (tujuh orang), Kota Banjarmasin (delapan orang), dan Kabupaten Tanah Bumbu (enam orang).
 
Sedangkan dari Provinsi Kalimantan Tengah, yakni Kabupaten Barito Utara sebanyak 14 orang, Barito Timur (empat orang), Seruyan (dua orang), dan Sukamara (delapan orang).
 
Baca juga: Info Haji - 2.939 jamaah haji Embarkasi Banjarmasin tiba di Tanah Air

Kemudian Kabupaten Katingan (satu orang), Kota Palangkaraya (20 orang), Kapuas (19 orang), Kotawaringin Timur (enam orang), Lamandau (empat orang), Barito Selatan (lima orang).
 
Selanjutnya, Kabupaten Kotawaringin Barat sebanyak 16 orang dan tambahan petugas mencapai empat orang.
 
Tambrin mengungkapkan jumlah total jamaah dan petugas haji Embarkasi Banjarmasin yang telah tiba di Tanah Air sebanyak 4.486 orang.
 
Embarkasi Banjarmasin pada musim haji 2023 memberangkatkan sebanyak 5.708 orang dari Kalsel dan Kalteng.
 
"Yang belum kembali Kloter 14, 15, 16 dan 17," ujarnya.
 
Tambrin mengharapkan seluruh proses pemulangan dapat berjalan dan terlaksana dengan aman, tertib dan lancar. 
 
"Semoga semua jemaah kita dapat kembali ke Tanah Air dengan aman dan selamat hingga nanti di perjalanan pulang ke daerah masing-masing sehingga dapat berkumpul dengan keluarganya mereka di kediaman masing-masing," tutur Tambrin.

Baca juga: Info Haji - 1.635 jamaah haji Kalselteng sudah kembali ke tanah air

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023