Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Delapan atlet cacat Kabupaten Balangan yang tergabung dalam atlet National Paralympic Committee (NPC) Indonesia dipanggil mengikuti pelatihan daerah sebelum diterjukan ke Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2016 di Bandung, Jawa Barat pada 15-25 Oktober mendatang.


Pembina atlet NPC Balangan dokter Ferry kepada Antara Kalsel, di Banjarmasin, Senin menuturkan kedelapan atlet tersebut kini sudah masuk dalam pembinaan intensif agar di Paparnas bisa berprestasi mengharumkan nama Kalsel.

Kedelapan atlet tersebut adalah Rahmat Rijali asal desa Inan, Aimah asal Tebing Tinggi, Dian Sukma asal Halong ketiga atlet ini berada di cabang Renang.

Kemudian Kaspul Anwar asal Awayan dan Inas asal Paringin mengikuti cabang olahraga voli duduk, kemudian Supriyadi asal Juai dan M Zaky asal Batu Mandi mengikuti cabang bulu tangkis serta Aripudin asal Tebing Tinggi mengikuti cabang goal ball semacam voli duduk.

Goal ball dimainkan tiga orang, yang bergantian memasukkan ke bola gawang lawan, dengan lemparan pakai tangan, yang diikuti khusus tuna netra/buta.

Dokter Ferry berharap kedelapan atlet asal Balangan ini benar-benar serius mengikuti pelatihan yang kini berlangsung di Banjarbaru, agar bisa mengharumkan nama Provinsi Kalsel.

Salah satu atlet yang diandalkan Balangan di ajang nasional tersebut adalah Ahmad Rijali, atlet renang karena yang bersangkutan pernah mengharumkan nama Indonesia.

Ahmad Rijali peraih 1 medali perak dan dua medali perunggu dalam ajang Asean PARA Games 2014 atau Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara 2013 cabang renang 50 meter gaya punggung kelas s8.

Peraih medali emas Pekan Paralimpiade Nasional kelas S8 gaya punggung 100 meter, peraih perak Asean PARA Games 2014 50 meter gaya punggung, dan medali perunggu Asean PARA Games 2014 100 meter gaya bebas.

Ahmad Rijali sendiri ketika ditanya menyatakan rasa keoptimisannya meraih medali di Paparnas, karena pengalaman lalu ajang nasional sudah bisa ditebak orang-orangnya yang bisa meraih medali terutama di nomor tertentu.

Ia sendiri mengaku berlatih intensif dibawah asuhan pelatih Djuhrianor di kolam renang Gelanggang Remaja Hasanudin HM Banjarmasin. Karena itu ia minta tolong doa seluruh masyarakat Kalsel, agar atlet Balangan kembali mengharumkan nama Kalsel.

Kedelapan atlet Balangan tersebut nantinya akan bergabung dengan atlet NPC Kalsel, terutama yang terbanyak dari Banjarmasin dan Banjarbaru. 

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016