Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST), Kalimantan Selatan, bekerja sama dengan Briton English Education menyelenggarakan program sekolah berbahasa inggris untuk meningkatkan kemampuan siswa dan guru bahasa inggris jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP).

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten HST melaksanakan kegiatan tersebut dengan menghadirkan sebanyak 50 orang guru mata pelajaran bahasa inggris dan beberapa siswa khusus kelas empat SD dan kelas tujuh SLTP.

“Guru memiliki peran penting untuk mencetak lulusan sekolah yang berkualitas,” kata Bupati HST Aulia Oktafiandi dalam keterangan tertulis di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Selasa.

Aulia menyebutkan seluruh peserta mengikuti program dengan baik hingga selesai berdasarkan periode program yang berjalan, pemerintah setempat mengagendakan program tersebut dalam dua periode yakni tahun ajaran 2022/2023 dan 2023/2024.

“Program ini bertujuan agar kemampuan berbahasa inggris para siswa di sekolah lebih baik lagi,” ucapnya.
Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) Aulia Oktafiandi (kedua kiri) foto bersama dengan seluruh peserta program Sekolah Bahasa Inggris jenjang SD dan SLTP di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Senin (24/7/2023). (ANTARA/HO-Pemkab HST)

Dia mengungkapkan para pengajar bahasa inggris program tersebut merupakan tenaga pengajar terpilih yang memiliki sertifikat internasional dan diakui dalam lembaga pendidikan bahasa inggris.

Lebih lanjut, pemerintah setempat terus mendukung program peningkatan pendidikan guna mengembangkan kompetensi tenaga pengajar dan peserta didik. 

Aulia berharap para peserta mampu mengaplikasikan pengetahuan bahasa inggris tersebut di sekolah dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) para siswa khususnya di Kabupaten HST.

Sementara itu, Kepala Disdik Kabupaten HST Muhammad Anhar mengatakan program tersebut telah dilaksanakan sejak 2022.

“Tenaga pengajar program bahasa inggris tahun ini sebanyak tiga orang, sedangkan pada 2022 lalu ada sebanyak lima orang,” ujar Anhar.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023