Ketua DPRD Banjarbaru, Kalimantan Selatan Fadliansyah menargetkan pembahasan rancangan Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) 2024 rampung akhir Juli 2023.
 
"Sesuai rencana kerja, pembahasan KUA-PPAS tahun 2024 rampung akhir Juli sehingga bisa digunakan sebagai acuan program tahun depan," ujar ketua DPRD usai rapat paripurna di Banjarbaru, Selasa.
 
Menurut Fadliansyah, pihaknya bersama anggota DPRD membentuk panitia khusus yang membahas dan menggodok materi yang tercantum dalam KUA-PPAS sehingga sesuai program yang disiapkan SKPD.
 
Fadliansyah menuturkan, hasil pembahasan KUA-PPAS tahun anggaran 2024 akan disampaikan di rapat paripurna yang dijadwalkan pada awal bulan Agustus 2023 mendatang.
 
"Persetujuan atau pengesahan KUA-PPAS ditarget bulan Agustus. Sekarang ini, memasuki tahapan pembahasan setelah disampaikan bersama badan anggaran DPRD," ucap politisi Partai Gerindra itu.
 
Dikatakan, proyeksi APBD tahun 2024 dari sisi pendapatan sebesar Rp1,27 triliun dengan rincian PAD sebesar Rp316,8 miliar, sedangkan pendapatan transfer dari pemerintah pusat sebesar Rp962,8 miliar.
 
Kemudian, belanja daerah diproyeksi sebesar Rp1,37 triliun dengan rincian belanja operasi sebesar Rp1,06 triliun dan belanja modal/kegiatan sebesar Rp293,2 miliar dan belanja tidak terduga Rp12,4 miliar.
 
"Kami mengawal setiap kegiatan yang dimasukan dalam program kerja masing-masing SKPD sesuai fungsi diemban DPRD terutama dalam bidang penganggaran," kata Fadliansyah.
 
Dikatakan, komposisi APBD 2024 yang tercantum dalam KUA-PPAS termasuk anggaran pelaksanaan Pemilu 2024 yang telah disiapkan melalui APBD sebesar Rp30 miliar untuk operasional KPPS dan KPU.
 

 
 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023