Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS bersama Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) dan pengurus daerah Ikatan Persaudaraan Qari/Qariah dan Hafiz/Hafizah (PD-IPQAH) melakukan kegiatan Training Center (TC) kafilah MTQ HSS.

Dibuka Bupati HSS H. Achmad Fikry diikuti peserta sebanyak 46 orang, terdiri dari 24 laki-laki dan 22 perempuan, di mana TC ini dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 5 sampai 9 Juli 2023, di Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin.

"Kami mengapresiasi kegiatan ini sebagai sebuah proses panjang yang telah dilakukan oleh LPTQ HSS bersama IPQAH, dalam mempersiapkan para qari di MTQ XXIV tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang akan dilaksanakan di bulan Juli ini di Banjarbaru," kata Fikry dalam sambutan, mengutip pers release Diskominfo HSS, Jum'at (7/7/2023).

Baca juga: DPRD HSS apresiasi bantuan dukungan kegiatan keagamaan dari PT AGM

Fikry berterimakasih kepada Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin berkenan memfasilitasi TC, juga para pelatih tingkat provinsi, kabupaten dan pengurus IPQAH yang akan mengawal para qari agar lebih matang menghadapi MTQ tingkat Provinsi Kalsel.

TC selama beberapa hari  diharapkan menjadi penguat atas apa yang telah qari-qariah persiapkan. dan MTQ menjadi sasaran sementara.

"Yang sesungguhnya adalah kita memberikan nilai nilai Al Quran untuk kebaikan dan keberkahan di Kabupaten HSS,” ujar Fikry.

Baca juga: HSS kirim dua orang jadi tenaga haji Kemenkes RI di Arab Saudi

Selain itu, agar nantinya banyak informasi yang disampaikan para pelatih dan tugas qari-qariah tinggal mengikuti semua bimbingan arahan dan yang disampaikan pelatih, kemampuan terus ditingkatkan salah satu melalui TC.

Fikry berpesan, setelah TC selesai, tentu tugas qari-qariah menjaga fisik dan mental, dalam menghadapi MTQ tingkat provinsi nanti.

“Berikan yang terbaik, mudah-mudahan prestasi pernah diukir para angkatan terdahulu bisa dihasilkan qari-qariah yang sekarang, pemda akan mendorong dan memfasilitasi kelancaran TC dan kesiapan mengikuti MTQ nanti di tingkat provinsi,” pungkas Fikry.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023