Sejumlah relawan bergerak cepat menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Pakan Dalam, Kecamatan Daha Utara, Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Benar memang ada titik ada api di Desa Pakan Dalam, Daha Utara, namun dengan kesigapan Relawan kami api dengan cepat dipadamkan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HSS Kusairi di Kandangan, Selasa.

Baca juga: BPBD HSS optimalkan peran satgas desa tangani karhutla di wilayah terdekat

Dijelaskan Kusairi, luas lahan yang terbakar mencapai kurang lebih 1,8 hektar, terjadi hari ini sekitar pukul 13.00 Wita, lahan yang terbakar bukan lahan pertanian atau pun perkebunan warga, tetapi lahan yang kosong.

Para relawan memadamkan api dengan menggunakan perahu dengan membawa berbagai kelengkapan menuju lokasi kebakaran lahan kosong dan wilayah perairan atau rawa di Daha Utara.

Baca juga: Apel siaga karhutla HSS kuatkan kerja sama penanggulangan bencana

Diakui Kusairi, tantangan penanggulangan karhutla di HSS salah satunya lahan rawa tidak bertuan, luas terbentang dari kawasan Daha pada tiga kecamatan, kemudian Kecamatan Kalumpang hingga perbatasan dengan Kecamatan Margasari, Tapin.

"Sementara untuk penanggulangan karhutla di wilayah terdekat bisa kita lakukan, namun kita juga terus berkoordinasi dengan pihak provinsi melalui satgas udara, apabila ada wilayah sulit terjangkau untuk ditangani seperti tahun-tahun sebelumnya," ucap Kusairi.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023