Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) masuk perguruan tinggi di Provinsi Kalimantan Selatan yang meraih penghargaan Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Badan Narkotika Nasional (BNN) kota setempat.
 
Menurut Direktur Poliban Joni Riadi di Banjarmasin, Selasa, kampusnya menerima penghargaan tersebut saat peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) tahun 2023 di Aula Bhayangkara Polda Kalsel pada 26 Juni 2023.
 
"Alhamdulillah penghargaan ini tentunya menjadi kebanggaan buat kami," ujar Joni.
 
Menurut dia, peran Poliban untuk mewujudkan generasi muda yang bebas narkoba terus dilakukan lewat pelaksanaan tes narkoba dan obat obat terlarang kepada mahasiswa baru setiap tahunnya.
 
Menurutnya, pelaksanaan tes tersebut agar mahasiswa baru yang masuk Poliban bebas dari narkoba dan sejenisnya. 
 
Joni menyebutkan, jika pun sampai ada mahasiswa yang menggunakan obat terlarang tersebut, Poliban tidak akan mencabut haknya sebagai mahasiswa, namun akan diberikan pembinaan.
 
"Tidak akan kami cabut haknya sebagai mahasiswa, cuma diberikan pembinaan jika ada yang menggunakan, tapi Alhamdulillah tidak ada satupun mahasiswa Poliban yang hingga saat ini terdeteksi menggunakan narkoba dan obat terlarang," ujarnya.
 
Dia pun berharap, pihak berwajib juga melakukan upaya pencegahan peredaran di kampus-kampus, sehingga semua lingkungan pendidikan dapat terbebas dari barang haram tersebut.
 
"Ini untuk masa depan generasi muda kita, kita harus bersama terus menerus mensosialisasikan bahaya besar narkoba ini kepada kaula muda," demikian kata Joni Riadi.
 
Pada peringatan HANI 2023 di Kalsel, Kabid Pemberantas BNNP Kalsel, Kombes Pol T Lisdiarto menyampaikan, peringatan HANI ini wujud keprihatinan seluruh dunia untuk memerangi narkotika, sehingga dibutuhkan gerakan, kepedulian dari segala unsur masyarakat.
 
Sehingga dapat meningkatkan prestasi pembangunan kompetensi bangsa, diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya generasi muda yang sehat cerdas dan badan intelektual.
 
"Generasi milenial harus bisa mengeluarkan semangat membara untuk menyadarkan seluruh komponen bangsa dalam membangun solidaritas sebagai upaya yang mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan perdagangan gelap narkotika," demikian katanya.
 
Baca juga:https://poliban.ac.id/peringatan-hani-2023-poliban-terima-penghargaan-p4gn-dari-bnn-kota-banjarmasin/
 
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023