Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kotabaru Kalimantan Selatan,
kembali melakukan pemeliharaan sungai dengan cara mengeruk mengantisipasi banjir di Desa Setagen (Sungai Paring) Kecamatan Pulau Laut Utara.

"Pengerukan ini bertujuan agar daya tampung sungai semakin optimal sehingga dapat mengurangi resiko banjir saat terjadi hujan deras," kata Kabid Sumber Daya Air dan Penyehatan Lingkungan, Hasbiyanta di Kotabaru, Rabu.

Baca juga: PUPR percantik median jalan

Hasbi mengatakan, Kegiatan ini dilakukan sebagai antisipasi banjir yang dapat mengancam permukiman di sekitar sungai, mengingat beberapa minggu terahir sekitar Pulau Laut Utara terjadi hujan dengan intensitas cukup tinggi.

"Direncanakan pengerukan sungai dilakukan sepanjang 650 meter," katanya

Ia mengungkapkan, daerah aliran sungai (DAS ) di  Sungai Paring telah terjadi pendangkalan yang disebabkan material yang terbawa oleh air dari hulu. juga diakibatkan oleh pola hidup masyarakat yang masih membuang sampah ke sungai dan bantaran sungai.

Pihak PUPR masih mengkaji akar permasalahan ketika hujan datang sungai-sungai sudah tidak mampu menampung debit air, makanya meluap, banjir.

Di beberapa tempat PUPR juga sudah melakukan rekayasa penanganan banjir mulai dari pengerukan saluran drainase, normalisasi sungai dari hulu hingga hilir sungai di dalam ibu Kota Kotabaru.

Mulai dari Sungai Baharu sampai dengan samping pondok musik, Sungai Dirgahayu dan Sungai Mandin.

Baca juga: PUPR Kotabaru lakukan pemeliharaan jalan Desa Sangsang

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023