Ketua Kelompok Ternak Megawati Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan Aiman Fadillah mengatakan saat ini harga sapi kembali normal bila dibandingkan tahun sebelumnya saat ada penyakit mulut dan kuku (PMK) menyebar di Indonesia harga sapi kurban untuk momentum Idul Adha turun drastis. 

"Harga jauh lebih murah dibanding tahun sebelumnya, karena sekarang sudah tak ada pengetatan transaksi sapi antarwilayah karena pengawasan penyakit PMK," ujarnya kepada Antara di Rantau, Rabu. 

Baca juga: Harga sapi di Tapin meroket

Dia mengatakan harga sapi Bali di Tapin 2022 lalu sempat meroket naik hingga 50 persen. Sebagai contoh nilai sapi kurban standar, semula di kisaran Rp14 juta-Rp16 juta naik menjadi Rp18 juta-Rp19 juta dengan bobot daging 50 kg-60 kg/ekor. 

Waktu itu, saat PMK ada pembatasan transaksi di daerah produktif sapi di Indonesia oleh pemerintah pusat, seperti di Medan, Jawa Timur dan Jawa Tengah.
 
Dibandingkan harga dulu dan sekarang, bisa terpaut Rp1 juta-Rp3 juta, di kondisi saat ini untuk harga sapi bisa dibilang kembali normal seperti sebelum ada PMK.

"Alhamdulillah, harga kembali normal, sama seperti harga sebelum ada PMK," ujarnya.

Sekarang, ucap Aiman, daya beli masyarakat naik mencapai 50 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Penjualan standar lah seperti sebelum ada penyakit itu, dari kandang kita sudah lebih 20 ekor terjual," ujarnya. 

Terus dikatakannya, sapi Bali yang paling dominan dibeli masyarakat Tapin, yakni harga Rp16 juta-Rp17 juta dengan bobot 75 kg-80 kg/ekor. 

"Mendekati hari H (Idul Adha) ini, daya beli mulai turun, masyarakat biasa pesan satu bulan lebih awal," ujarnya. 

Ketersediaan sapi di kandang, tutur Aiman, sekarang juga sudah mulai menipis, ada kemungkinan harga sedikit naik. 

Baca juga: Dinas Pertanian : Sapi di Tapin aman dari PMK

Berikut daftar harga sapi Bali serta bobot daging untuk kurban yang dijual Kelompok Ternak Megawati; Rp16 juta (60 kg), Rp18 juta (70 kg), Rp19,5 juta (80 kg), Rp20,5 juta (85 kg). 

Terus, Rp21,5 juta (90 kg), Rp22,5 (95 kg), Rp23,5 juta (100 kg), Rp25 juta (110 kg), Rp26,5 juta (115 kg) dan Rp28 juta (120 kg). 

 

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023