Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kepala Kepolisian Resor Kota Banjarmasin Kombes Pol Drs Wahyono MH di Banjarmasin mengatakan, sahur susur sungai ini nantinya akan dijadikan sebagai budaya tahunan selama pelaksanaan bulan suci Ramadhan di kota setempat.

"Sahur susur sungai ini bisa menjadi budaya tahunan untuk Kota Banjarmasin karena ini baru pertama kali dilakukan di Kalsel tepatnya di Banjarmasin," katanya, Sabtu (25/6) dini hari, sekitar pukul 03.30 Wita, saat berada di Kubah Basirih Banjarmasin Barat.

Ia mengatakan, sahur susur sungai ini yang ketiga kalinya dilaksanakan oleh jajaran Satpolair Polresta Banjarmasin selama Bulan Ramadhan tahun ini yang diprakasai oleh Kasat Polair Polresta Banjarmasin AKP Untung Widodo Sst.

Untuk kegiatan pertama sahur susur sungai dilakukan bersama komunitas pasar terapung dan para juragan kelotok wisata beserta komunitas perairan lainnya.

Sahur susur sungai yang kedua bersama para pekerja di tempat pelelangan ikan air tawar namun sebelumnya pihak Satpolair terlebih dahulu membagikan nasi kotak ke para nelayan di Sungai Martapura dan Sungai Barito.

Selanjutnya, acara ketiga sahur susur sungai sekaligus puncak dari kegiatan tersebut, pihak Satpolair melaksanakan sahur bersama anak yatim dan kaum dhuafa di Kubah Banjarmasin Barat.

"Acara puncak Sahur On The River atau Sahur susur sungai itu dengan anak yatim dan kaum dhuafa sebagai rangkaian untuk menyambut HUT Bhayangkara yang ke 70," ucap orang nomor satu di jajaran Polresta Banjarmasin itu.

Mantan Wadir Lantas Polda Metro Jaya itu terus mengatakan, kegiatan itu dilakukan hanya semata-mata untuk berbagi kasih kepada masyarakat yang hidup di pesisir sungai di kota ini.

"Ini salah satu wujud kepedulian polisi kepada masyarakat selain untuk menciptakan keakraban dan kebersamaan juga bisa untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat," tuturnya.

Dikatakannya, banyak yang bisa diambil hikmahnya dalam kegiatan tersebut salah satunya terjalin keharmonisan antara polisi dan masyarakat serta memberikan edukasi/pelajaran tentang keamana dan ketertiban perairan.

Untuk diketahui dalam acara tersebut, turut hadir Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, Direktur Polair Polda Kalsel Kombes Pol Gatot Hariyanto, Wakapolresta AKBP Wahyu Dwi Ariwibowo segenap jajaran Kasat, Kapolsekta dan Kabag.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016