Ketua DPRD Banjarbaru, Kalimantan Selatan Fadliansyah mendorong pelestarian berbagai jenis ikan lokal yang dikembangkan baik di tempat khusus maupun wadah terbatas yang dilakukan masyarakat.
 
"Kami mendorong pelestarian ikan lokal sehingga baik jenis dan jumlah tetap banyak di dalam ekosistem perairan," ujarnya di Kota Banjarbaru, Sabtu terkait pelepasan ikan Baung di kolam Bandara Internasional Syamsudin Banjarmasin.

Baca juga: Pemkab Tulungagung belajar pengembangan inacraft dan UMKM di Banjarbaru
 
Sebelumnya, Fadliansyah ikut dalam aksi pelepasan 40.000 benih ikan Baung yang berasal dari Balai Benih Mandiangin diserahkan ke Pemkot Banjarbaru dan dilepas di kolam Bandara, Selasa (6/6/2023).
 
Menurut Fadliansyah, pelestarian beragam jenis ikan terutama ikan air tawar yang merupakan ikan endemik perairan Kalsel sudah semestinya dilakukan sehingga tidak terancam kepunahan di masa mendatang.
 
"Jika tidak dilestarikan, maka bisa punah sehingga generasi penerus tidak mengetahui jenis ikan lokal yang sempat berkembang bahkan menjadi kegemaran masyarakat saat mengkonsumsi," ucap dia.

Baca juga: Wawali Banjarbaru minta pelayanan di kecamatan dan kelurahan dipermudah
 
Disebutkan, selain jenis ikan Baung, ikan lokal air tawar lainnya yang bisa dilestarikan adalah Haruan atau ikan Gabus dan Papuyu atau ikan Betok yang selama ini menjadi kegemaran masyarakat Kalsel umumnya.
 
"Pelestarian bisa melalui sistem bioflok yang bisa dilakukan di lahan terbatas terutama jenis Papuyu dan juga Haruan sehingga masyarakat bisa tetap menikmati gurih rasa ikan lokal air tawar itu," jelasnya.
 
Ditekankan Fadliansyah, pelestarian ikan terutama ikan lokal juga untuk mendukung gerakan gemar makan ikan (Gemarikan) yang telah menjadi program nasional guna mendorong peningkatan konsumsi ikan.

Baca juga: Warga Palam Cempaka Banjarbaru ramaikan pasar murah
 
"Kami sangat mendukung program Gemarikan karena meningkatkan minat masyarakat terutama usia anak-anak agar gemar makan ikan sebagai salah satu sumber protein bagi perkembangan tubuh," katanya.
 
Sementara itu, Sekda Banjarbaru Said Abdullah pada pelepasan benih ikan Baung di kolam Bandar Udara Syamsudin Noor berharap puluhan ribu anakan ikan Baung membantu keberlanjutan perikanan.
 
"Kami berharap, penebaran benih ikan Baung ini mampu membantu menjaga keberlanjutan sumber daya perikanan, juga bisa meningkatkan kesempatan tangkapan ikan dan mengembalikan ekosistem," katanya.

Baca juga: Wali Kota bentuk tim percepatan dan perluasan digitalisasi daerah
 
 
 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023