Balangan, (Antaranews Kalsel) - Kurniawan Dwi Yulianto, pemain sepakbola legendaris Indonesia, bertandang ke Kabupaten Balangan, Provinsi Kalsel pada Kamis (23/6). 


Bukan untuk bertanding di lapangan hijau, tapi untuk memberikan motivasi kepada para atlet muda Balangan. Bertempat di halaman masjid Al-Akbar Balangan, atlet yang memiliki julukan “Si Kurus” ini memberikan berbagai tips menjadi atlet yang handal.

 

"Pertama adalah percaya diri. Sebagus apapun permainan kalian, jika tidak percaya diri percuma saja," kata Kurniawan kepada ratusan atlet muda dari berbagai Sekolah Sepakbola (SSB) yang ada di Balangan.

 

Salah satu striker kebanggaan Indonesia ini melanjutkan, jangan merasa minder karena tinggal di daerah. Ia mengatakan, dirinya juga berasal dari sebuah daerah kecil di Jawa Tengah. Namun, berkat kegigihannya ia dapat menorehkan nama di persepakbolaan nasional, bahkan sempat juga bermain untuk tim Sampdoria di Italia.

 

Hal kedua yang harus dipegang teguh adalah kegigihan. Menurut Kurniawan, awalnya orangtuanya tidak merestuinya bermain sepakbola. Namun, dengan kegigihannya, ia mampu membuktikan pada orangtua bahwa merumput di lapangan hijau adalah jalan hidupnya.

 

“Saya berharap, suatu hari timnas Indonesia akan dihiasi oleh pemain dari Balangan,” kata Kurniawan yang langsung dihadiahi tepuk tangan meriah.

 

Kegiatan pemberian motivasi dan jumpa fans tersebut merupakan rangkaian kegiatan Buka Puasa Bersama Adaro dan Pemda Balangan di masjid Al-Akbar. Sembari menunggu waktu berbuka, masyarakat berkesempatan mendengarkan motivasi dari Kurniawan dan berfoto bersama di photobooth yang telah disediakan.

 

Dalam sambutannya, Ansharuddin mengatakan, Balangan memiliki potensi atlet sepakbola yang luar biasa. Berdasarkan data yang ia miliki, di Balangan terdapat 84 Sekolah Sepakbola. Angka tersebut, kata Ansharuddin, menunjukkan bahwa anak-anak di Balangan memiliki minat yang tinggi terhadap sepakbola.

 

Sementara menurut Presiden Direktur PT Adaro Energy, Boy Thohir, Adaro mendukung kegiatan pengembangan keolahragaan di Balangan, termasuk sepakbola. Karena itulah, pihaknya menghadirkan Kurniawan di Balangan untuk memotivasi para generasi muda.

 

“Semoga hadirnya salah satu pemain top Indonesia ini dapat mendorong lahirnya bibit-bibit baru pemain bola dari Balangan,” kata Boy Thohir.

 

Acara itu mendapat sambutan meriah dari masyarakat. Ratusan orang antusias ingin berfoto bersama Kurniawan. Selain berfoto menggunakan kamera yang disediakan panitia, banyak dari mereka mengeluarkan ponsel dan berebut mengajak Kurniawan berfoto selfie.

 

Muhammad (25), salah satu warga Paringin mengatakan, dirinya sangat senang dapat bertemu dan berfoto bersama Kurniawan. Ia mengaku, selama ini hanya bisa melihatnya di televisi. “Ayah saya penggemar berat Kurniawan, tapi sayang hari ini tidak bisa ikut ke sini. Saya mau pamerkan foto ini sama beliau,” katanya.


Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016