Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Saidi Mansyur meminta aparatur desa mengoptimalkan Sistem Informasi Desa (SID) sehingga bisa lebih mudah memetakan kondisi dan merencanakan pembangunan desa.
 
"Optimalkan sistem informasi desa karena merupakan alat yang sangat berharga memetakan keadaan dan merencanakan pembangunan desa," ujar Saidi saat membuka pelatihan aparatur desa di Martapura, Selasa.

Baca juga: Aparat Desa Ikuti Bimtek Pembuatan Sistem Informasi
 
Pelatihan dan bimbingan teknis yang bertujuan meningkatkan kapasitas aparatur desa itu diberikan kepada aparatur desa bersama anggota Badan Permusyawaratan Desa se-Kecamatan Sambung Makmur.
 
Menurut Bupati Banjar, melalui SID dapat diambil keputusan yang tepat guna merumuskan arah pembangunan dan mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya serta mengintegrasikan berbagai program dan kebijakan.
 
"Melalui pemanfaatan SID membuat arah pembangunan semakin jelas dan sumber daya yang digunakan juga lebih optimal sehingga program dan kebijakan yang dijalankan dapat terwujud sesuai harapan," ucapnya.
 
Ditekankan Saidi, pihaknya sangat mendukung peningkatan kapasitas aparatur desa karena memiliki peran strategis tugas dan fungsi dalam mengurus pemerintahan desa baik administratif maupun pembangunan.

Baca juga: BPMPD Gelar Pelatihan Sistem Informasi Keuangan Desa
"Aparatur desa merupakan garda terdepan dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang baik dan mendorong pembangunan desa secara berkelanjutan," ucap Saidi.
 
Dikatakan Saidi, Pemkab Banjar mendukung pengembangan kapasitas dan kualitas aparatur desa maupun perangkat desa serta Badan Permusyawaratan Desa melalui pelatihan maupun bimbingan teknis.
 
"Kami mendukung pelatihan maupun bimbingan teknis dan berharap kegiatan menjadi momentum yang bermanfaat memperkuat kapasitas aparatur mewujudkan desa yang lebih baik dan sejahtera," ungkap Saidi.
 
Kegiatan selama dua hari pada 13-14 Juni 2023 itu diikuti Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah, Kasatpol PP Irwan Kumar, Camat Sambung Makmur Yuana KA dan Kabid Pemerintahan Desa DPMD M Hafizh Anshari.

Baca juga: Kadis DKPP Banjar minta pembudidaya jaga kualitas air cegah kematian ikan di Mali-Mali

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023