Kuliah Kerja Nyata (KKN) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) tahun 2023 difokuskan untuk mendorong mahasiswa dapat membantu program pembangunan di wilayah pedesaan.

"Kita tebar ratusan mahasiswa tahun ini yang melaksanakan KKN sebagai implementasi MBKM untuk mengabdi di desa di wilayah Kalimantan Selatan," kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di Banjarmasin, Selasa.

Dijelaskan rektor, KKN merupakan kegiatan yang terdiri dari pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Adapun tahun ini ULM berfokus menugaskan mahasiswanya ke desa-desa dalam rangka memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus. 

Selain itu, melalui kegiatan ini mahasiswa serta masyarakat dapat bersama-sama saling mengidentifikasi masalah dan merancang program-program yang dilakukan di desa.

Kemudian mahasiswa diharapkan pula dapat mengasah softskill, kemitraan, kerja sama tim lintas disiplin atau keilmuan dan kepemimpinan dalam mengelola program pembangunan di wilayah pedesaan.

Rektor pun meminta dukungan penuh dari seluruh kepala daerah dan instansi terkait lainnya agar kegiatan KKN mahasiswa ULM bisa berjalan lancar dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat.

Untuk memberikan penguatan program KKN mahasiswa, ULM pun mendatangkan Dr Hasrullah, MA selaku dosen Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar yang berpengalaman selama 10 tahun menjadi pelopor kegiatan KKN di Unhas hingga membawa pada kegiatan KKN yang bersifat internasional.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023