Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Elly Yuzar kunjungi Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 di Klinik Pratama Polresta Banjarmasin lampui target
 
Berdasarkan keterangan tertulis Humas Lapas Kelas IIB Banjarbaru diterima, Jumat, Dirwatkeshab Ditjen PAS bersama tim berkunjung, Rabu (7/6/2023) diterima Kalapas Amico Balalembang beserta jajaran.

.
"Berikan pelayanan kepada warga binaan terkait makanan yang bergizi," ujar Dirwatkeshab saat meninjau sarana pengolahan dan penyajian makanan bagi warga binaan pada dapur Lapas Banjarbaru.
 
Diketahui, dapur Lapas Banjarbaru telah memiliki sertifikat Dapur Laik Hygiene Sanitasi Jasaboga dan Dirwatkeshab juga meninjau tempat penyediaan air bersih dan alat memasak nasi (steamer) serta mencicipi nasi yang akan diberikan kepada warga binaan.
 
Dirwatkeshab juga meminta kalapas dan pejabat yang menangani agar bisa terjun langsung melakukan pengawasan dan pemantauan rutin, sehingga pelayanan dasar warga binaan dapat terpenuhi.
 
Kunjungan Dirwatkeshab disambut persembahan ikrar rehabilitasi, doa kedamaian, serta yel-yel 180 peserta Rehabilitasi Sosial dan 20 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang mengikuti pembinaan Kepramukaan Lapas Banjarbaru.
 
Elly Yuzar berharap kepada peserta rehabilitasi dapat benar-benar pulih dari ketergantungan narkoba dan meminta, setelah menjalani masa rehabilitasi bisa menjadi kader anti narkoba dan mengajak warga binaan lainnya bersih dari narkoba.

Baca juga: Klinik Pratama BNNK Tabalong merehabilitasi 48 pengguna narkoba
 
"Kuatkan hati dan bulatkan tekad tidak akan pernah mengulangi lagi dan yakinkan diri seperti Ikrar yang kalian ucapkan serta siap kembali ke masyarakat, keluarga dengan pribadi yang lebih baik," pesannya.
 
Dirwatkeshab juga meninjau fasilitas pelayanan kesehatan klinik pratama lapas seperti ruang obat, ruang perawatan gigi dan mulut, ruang rawat inap, ruang isolasi hingga mengapresiasi klinik pratama yang telah mengantongi izin operasional.
 
Selanjutnya, Elly Yuzar kembali mengingatkan agar jajaran lapas memperhatikan kesehatan setiap warga binaan, dan memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik serta selalu skrining kesehatan bagi setiap tahanan baru.
 
"Tujuannya untuk mengetahui kondisi kesehatan dan mendeteksi sedini mungkin tanda-tanda penyakit menular dan riwayat penyakit yang diderita sebelumnya sehingga bisa diantisipasi dan ditangani," katanya.
 
Kepala Lapas Banjarbaru Amico Balalembang berterima kasih atas kunjungan Dirwatkeshab dan siap terus berupaya memberikan layanan terbaik bagi warga binaan khususnya pelayanan kesehatan dan pemberian makanan yang layak.
 
"Kami berterima kasih atas kunjungan Direktur bersama tim Watkeshab Ditjenpas dan arahan serta semangat yang disampaikan tentu menjadi motivasi kami dalam melaksanakan tugas sehari-hari," kata Amico.
 
 
Baca juga: Klinik Pratama BNNK Tabalong merehabilitasi 48 pengguna narkoba

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023