Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalimantan Selatan mulai mempersiapkan pelaksanaan Pilkada Kabupaten Hulu Sungai Selatan 2018.

Kepala Sekretariat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalsel  Maksum Nafarin, mengatakan, beberapa persiapan yang akan segera dilaksanakan adalah, terkait fasilitasi untuk penyelenggara pemilihan umum.

"Karena Panwaslu di Kabupaten belum dibentuk, maka segala sesuatu untuk persiapannya ditangani oleh Bawaslu," katanya.

Selain itu, Panwaslu juga berharap mendapatkan bantuan tenaga PNS, sebanyak tiga orang untuk membantu penanganan pengelolaan dana hibah selama pelaksanaan Pemilu berlangsung,

Ketiga PNS tersebut, akan menjabat sebagai Kepala Sekretariat, bendaha pembantu dan operator serta tanaga PNS untuk Kecamatan yakni Kepala Sekretariat, Pengelola Keuangan.

Selain itu juga fasilitasi seperti kantor, alat transport dan meja kursi, untuk mendukung kelancaran  pelaksanaan pengawasan di daerah.

"Kami berharap personil yang diberikan yang baik dan bisa bekerja karena selain untuk meningkatkan mutu pengawasan juga untuk meningkatkan mutu pertanggungjawaban keuangan dan administrasi nantinya," katanya..

Sebelumnya, para Komisioner dan anggota Bawaslu Provinsi Kalsel melakukan Audiensi dengan Pemerintah Kabupaten HSS, pada Senin (13/6).

Rombongan dari Bawaslu Provinsi Kalsel tersebut diterima langsung oleh Bupati HSS Drs.H.Achmad Fikry, di ruang kerja Bupati HSS.

Audiensi ini bertujuan untuk silaturahmi dan juga dalam rangka untuk memastikan kesiapan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati HSS tahun 2018.

Juga guna kelancaran kegiatan pengawasan Pilkada nantinya tahun 2018 di Kabupaten HSS terkait fasilitasi Panwas Kabupaten HSS mengenai anggaran, fasilitas kantor serta sekretariat dan personil PNS pada Pilkada tahun 2018 mendatang.

Pada kesempatan itu, Bupati mengucapkan selamat datang kepada rombongan Bawaslu Provinsi Kalsel di Kabupaten HSS, menurut Bupati terkait persiapan Pilkada di Kabupaten HSS tahun 2018, untuk penganggaran, secara global anggaran sudah disiapkan begitu juga sumber daya manusia sudah di backup.

"Alhamdulillah komunikasi selama ini bersama jajaran komisioner berjalan dengan baik", ungkap Bupati.

Bupati menyatakan siap untuk menfasilitasi guna kelancaran Pilkada tahun 2018 di Kabupaten HSS.

Menurut dia, apa yang dibutuhkan KPU dan Panwas, sepanjang bisa akan dipenuhi selanjutnya Beliau mengajak maksimalkan persiapan Pilkada tahun 2018 dengan suasana yang kondusif di daerah pada pelaksanaan Pilkada tahun 2018 mendatang.


Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016