Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brigjend H Hasan Basry, Kandangan, Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi rumah sakit pertama di Indonesia yang menjadi taman konservasi Anggrek.

Pencanangan RSUD Kandangan sebagai pusat konservasi anggrek juga bagian dari peringatan Hari LIngkungan Hidup sedunia, dirangkai pengukuhan pengurus Pencinta Anggrek Indonesia (PAI) Kabupaten HSS oleh Bupati HSS, H. Achmad Fikry.

Baca juga: Kenalkan Anggrek melalui Festival Anggrek Paris Van Borneo 2

"Saya bahagia dan bangga karena RSUD Kandangan merupakan satu-satunya rumah sakit yang mempunyai taman konservasi anggrek di Indonesia dan yang pertama di Indonesia," kata Ketua DPD PAI Kalsel, Hj. Arinda Dian Susanti, mengutip pers release Diskominfo HSS, di Kandangan, MInggu.

Dijelaskan dia, hal ini merupakan kolaborasi yang sangat membanggakan, antara insan pencinta anggrek di HSS dengan pemerintah daerah.
 
Pengukuhan DPC PAI Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), di Kandangan, HSS, Kalimantan Selatan, Jum'at ( 2/6/2023). (ANTARA/HO-DISKOMINFO HSS)


Baca juga: Pemkab HSS ikuti penilaian penghargaan Nirwasita Tantra 2022

Terutama Bupati HSS yang masih berkenan menjadi pelindung di organisasi ini, dan juga kepada itu Direktur RSUD Kandangan yang sangat totalitas menyertai aktivitas organisasi DPC PAI HSS.

"Di Kalsel sekarang kita mempunyai delapan DPC, yang dua di antaranya sudah mempunyai Taman Konservasi Anggrek. pertama di Batu Benawa Pagat dan yang kedua di RSUD Kandangan, " ujar Arinda.

Bupati HSS, H. Achmad Fikry mengatakan bahwa lingkungan identik dengan hijau pohon, namun sekarang tidak hanya sekedar hijau tapi butuh keasrian dan keindahan, yang akhirnya pohon ini ditempel dengan anggrek.

Fikry berharap, nantinya di depan kantor bupati juga bisa ditempel, karena di depan kantor tersebut banyak pohon jadi bisa ditempel di sana.

Selain itu, Fikry juga menginginkan agar pengurus PAI yang baru ini bisa terus melestarikan anggrek-anggrek yang ada di Kabupaten HSS.

"Mari kita semua menjaga lingkungan hidup kita, mari kita olah sampah dengan baik, agar mudah-mudahan HSS bisa tetap menjadi daerah yang sejuk," ajak Fikry.

Kepala Dispera KPLH HSS, Ronaldy Prana Putra, yang juga ketua panitia pelaksana kegiatan mengucapkan terima kasih untuk RSUD Kandangan.

"Terima kasih kepada RSUD Kandangan sudah berkenan menjadi tuan rumah, sekaligus nantinya akan dilaksanakan pengukuhan DPC PAI HSS di halaman poliklinik rumah sakit," kata Ronaldy.
 
Penyerahan anggrek hybrid Dendrobium Isnafikry Sehati, di Kandangan, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan,
Jum'at ( 2/6/2023). (ANTARA/HO-DISKOMINFO HSS)


Baca juga: Pemkab HSS fasilitasi Desa Tumingki jadi kampung anggrek

Dalam kegiatan ini dilakukan penyerahan anggrek hybrid dari ketua DPD dan DPC PAI untuk Bupati HSS dan Ketua TP PKK HSS, Hj Isnaniah Achmad Fikry.

Anggrek yang diserahkan ini merupakan anggrek hybrid hasil persilangan anggrek Deundrobium Helix dengan Dendrobium Yanny Rahmasari, disilangkan oleh Phillip Recardo Sugiwan.

Anggrek jenis ini telah diregistrasi secara internasional di Inggris pada tanggal 30 Mei 2023, dengan nama Dendrobium Isnafikry Sehati.

Dan telah diikutkan lomba Festival Anggrek Paris Van Borneo di Barabai, serta mendapatkan juara tiga untuk kategori Anggrek Dendrobium Hybrid.

Baca juga: Kadishut Kalsel : HSS penyumbang terbesar penurunan lahan kritis
 
Foto bersama di rangkaian Penanaman Anggrek di RSUD Brigjend H Hasan Basry , di Kandangan, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, Jum'at ( 2/6/2023). (ANTARA/HO-DISKOMINFO HSS)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023