Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor atau yang akrab dengan sapaan Paman Birin berpendapat, keberadaan Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) sangat penting dalam membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat Banjar di seluruh dunia.

Pendapat orang nomor satu di jajaran pemerintah provinsi (Pemprov) tersebut saat halal bihalal KBB Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi (Jabodetabek), ungkap Humas Sekretariat DPRD (Setwan) Kalsel melalui telepon seluler dari Jakarta, Sabtu.

Dalam halal bihalal KBB se-Jabodetabek yang berlangsung di Gedung Serbaguna Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta itu Paman Birin yang juga Presiden/Ketua KBB sedunia berpesan agar urang Banjar dapat berinteraksi positif dimana pun berada.

Baca juga: Kalsel raih empat penghargaan BKN di Bandung

Menurut  Paman Birin, organisasi KBB seperti kapal besar yang menyatukan warga Banjar yang terpencar di berbagai daerah atau penjuru dunia dengan semangat kebersamaan dan kekompakan menuju haluan yang sama.

"Haluan yang sama tersebut yaitu membangun masa depan Banua yang cerah, penuh rahmat dan keselamatan," tegas Paman Birin seperti dikutip Juru Bicara (Jubir) Setwan Kalsel.

Gubernur Kalsel dua periode itu menambahkan, dengan saling mengenal dan bertemu insya allah akan tercetus gagasan konstruktif untuk membawa daerah ke arah yang lebih baik.

"Apalagi saat ini, Banua Kalsel menempati posisi strategis sebagai gerbang Ibu Kota Negara (IKN) baru nanti. Hal tersebut akan berdampak pada meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan iklim investasi,” ujar Paman Birin.

Baca juga: Gubernur Kalsel lepas keberangkatan jamaah calon haji Kloter 1

Pada kesempatan halal bihalal tersebut, Paman Birin mengukuhkan Pengurus KBB Jabodetabek Periode 2022-2027 sembari berharap organisasi itu dapat menjadi corong penyampaian aspirasi dan gagasan masyarakat lokal terhadap pembangunan kualitas sosial dan budaya.

“Kita adalah satu keluarga besar, harus saling mendukung dan menguatkan di tanah orang, bukan hanya dengan warga banjar, kita juga harus menjaga kerukunan dengan suku dan etnis lainnya,” tegas Paman Birin.

Suasana halal bihalal dan pelantikan Pengurus Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Jabodetabek Periode 2022 - 2027 di Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, Sabtu (3/6/23) (ANTARA/HO- Humas Setwan Kalsel.)

Senada dengan Paman Birin, Ketua DPRD Kalsel H. Supian HK mengatakan pertemuan tersebut merupakan wujud perhatian Pemprovnya akan kesejahteraan ‘urang banjar’ dan kelestarian budaya banjar di seluruh dunia.

“Besar harapan kita, seluruh masyarakat Banjar yang hadir hari ini, agar selalu memelihara kekompakan dan kebersamaan dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Baca juga: Kalsel siap menjadi penyangga pangan IKN

Selain itu, turut berperan aktif dalam membantu percepatan pembangunan Banua dan peningkatan kesejahteraan seluruh warga Banjar di seluruh dunia, wabil khusus yang ada di wilayah Jabodetabek, demikian Supian HK.

Pada kegiatan itu turut hadir  Anggota DPR RI dan DPD RI, Ketua Tim Penggerak PKK Kalsel Hj. Raudatul Jannah, Anggota DPRD  Kalsel, serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Kalsel.

Kemudian Dewan Pembina KBB Jabodetabek Jenderal TNI (Purn.) AM Hendropriyono, Perwakilan KBB Sedunia dari Malaysia, Brunei Darusalam, dan Singapura, serta warga Banjar yang bermukim di Jabodetabek.

Ketua Pengurus KBB Jabodetabek HAM Fachir menyambut baik kehadiran "kula-kula" (keluarga) Banjar tersebut pada halal bihalal di GBK Senayan Jakarta itu.

Dalam halal bihalal itu berbagai suguhan makanan khas Banjar serta penampilan seni budaya Banjar seperti Tari Baihik, Madihin dari Grup Kesenian Jhon Tralala, Bakuntau, dan penutup rangkaian acara pidato motivasi dari H. Rhoma Irama dan tausiyah dari Ustadz Ahmad Sofiyan Al Banjary.

Baca juga: Paman Birin hadiri halal bi halal Kerukunan Bubuhan Banjar di Jawa Timur

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023