Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor melepas keberangkatan jamaah calon haji Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin berasal dari Kabupaten Banjar di Asrama Haji di Kota Banjarbaru, Selasa.
 
Gubernur mengingat agar jamaah calon haji selalu menjaga kekompakan saat menjalani ibadah haji di Tanah Suci Mekkah dan Madinah, Arab Saudi.

Baca juga: Kemenag: JCH Kalsel 2023 usia di atas 82 tahun lebih 190 orang
 
"Saling membantu, saling menjaga, saling mengingatkan, moga semua selalu sehat, berangkat selamat pulang selamat, semoga menjadi haji yang Mabrur," ujarnya.
 
Gubernur juga mengingatkan, agar jamaah calon haji menjaga kesehatan di saat cuaca panas ekstrem di Arab Saudi saat ini.
 
Gubernur mengharapkan, semua JCH khususnya Kalsel agar mentaati semua peraturan di sana dan mengikuti bimbingan petugas haji agar semua proses pelaksanaan ibadah haji berjalan lancar dan tertib.
 
Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin yang diberangkatkan hari ini sekitar pukul 16.30 WITA dari Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin ke Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah, Arab Saudi, JCH dari Kabupaten Banjar.
 

Sebagian disampaikan Kepada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalsel Dr H Muhammad Tambrin, Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin yang diberangkatkan sebanyak 328 orang dengan petugas haji.

Baca juga: Info Haji - Gubernur: Penerbangan haji perdana di BIJB jadi sejarah Jawa Barat
 
Untuk jumlah keseluruhan Kloter yang diberangkatkan melalui Embarkasi Banjarmasin sebanyak 17 Kloter, sejak 28 Mei masuk asrama haji hingga 22 Juni 2023.
 
Diungkapkan dia, sebanyak 17 Kloter pada tahun 2023 ini, yakni, jamaah calon haji dari Kalsel dan Kalimantan Tengah (Kalteng).
 
Adapun jumlah jamaah calon haji yang diberangkatkan dari dua provinsi tersebut sebanyak 5.430 orang, dengan rincian, dari Kalsel sebanyak 3.818 orang dan dari Kalteng sebanyak 1.590 orang.
 
Dia pun menyampaikan, untuk total jamaah calon haji Kalsel yang berusia di atas 82 tahun atau jamaah lanjut usia sebanyak 191 orang.
 
"Tahun ini jamaah calon haji tertua itu berusia 99 tahun dari Kota Banjarbaru dan termuda berusia 18 tahun dari Kota Banjarmasin," demikian kata Tambrin.
 
Baca juga: Info Haji - Menag: Tahun depan Bandara Kertajati bisa dimanfaatkan warga Jateng

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023