Tuan Guru Haji (TGH) Zainuddin Rais mengatakan, kesombongan atau kecongkakan bisa membawa kepada kekapiran dan pada gilirannya masuk neraka.

"Karena kesombongan atau kecongkakan salah satu ciri orang tersebut tidak beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT," ujarnya dalam khutbah di Masjid Assa'adah Komplek Beruntung Jaya Banjarmasin, sebelum Shalat Jumat.

Oleh sebab itu, TGH yang rutin mengisi pengajian di Masjid Assa'adah tersebut mengajak kaum Muslim terutama jamaah Shalat Jumat untuk menjaga serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan sebenar-benarnya.

Pasalnya Allah SWT telah berfirman sebagaimana dalam Al Qur'an bahwa orang yang mulia di sisi Nya hanyalah orang yang bertaqwa, tegasnya seraya menambahkan, bukan karena jabatan dan pangkat tinggi serta banyak harta kekayaan dan lainnya yang tak sesuai pandangan Allah SWT.
Jamaah dengarkan Tuan Guru Haji Zainuddin Rais saat khutbah di Masjid Assa'adah Komplek Beruntung Jaya Banjarmasin, sebelum Shalat Jumat (2/6/23) (ANTARA/Syamsuddin Hasan)

Terkait masalah sombong dan congkak, Zainuddin Rais mengutip Hadits Rasulullah Muhammad Saw yang menyatakan, bahwa surga tertutup bagi orang sombong dan congkak tersebut.

"Sebab orang yang sombong dan congkak tersebut sama dengan mengingkari Kemahakuasaan Allah SWT," demikian Zainuddin Rais sembari memberi contoh Iblis Syaitan makhluk Allah yang paling sombong mentang-mentang Allah ciptakan dari api tak mau sujud dengan Nabi Adam yang Allah ciptakan dari tanah.


 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023