Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Disdik HST) menjaring figur generasi muda potensial yang memahami seni budaya melalui ajang pemilihan Nanang Galuh 2023.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Seksi Kesenian dan Kebudayaan Disdik Kabupaten HST Masruswian di Barabai, Minggu, mengatakan saat ini memasuki audisi pencarian bakat tahap dua pemilihan Nanang Galuh 2023.

Baca juga: Naga Balangan sosialisasikan pemilihan ke sekolah

“Ada 15 pasang calon Nanang dan Galuh yang unjuk kebolehan pada audisi pencarian bakat yang terpilih dari audisi pertama wawancara pada 29 Mei 2023, nantinya dari 15 pasang calon itu akan dipilih lagi menjadi delapan pasang untuk maju ke tahapan berikutnya pada grand final pemilihan Nanang Galuh 2023 di Halaman Kantor Bupati HST nanti pada 17 Juni 2023,” kata Masruswian

Sebelum memasuki grand final, Masruswian menambahkan para peserta yang terpilih akan dibekali pengetahuan materi, seperti "public speaking", materi kebudayaan, teknik berorganisasi.

Selain itu, peserta terpilih juga akan turun ke lapangan untuk mengenal lebih jauh seni dan budaya asli Kabupaten HST hingga ke tempat situs cagar budaya dan perajin kain Sasirangan yang merupakan salah satu warisan budaya HST saat masuk karantina terbuka dan tertutup.

Baca juga: Pemkab HST gelar pemilihan "Nanang Galuh" untuk lestarikan seni budaya

“Mereka nantinya bisa menyampaikan informasi tentang potensi-potensi budaya Kabupaten HST tidak hanya di daerah sendiri saja namun hingga ke luar daerah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini,” ungkap Masruswian.

Masruswian mengaku terkesan terhadap para peserta saat menampilkan bakat secara terbuka karena memiliki karakter kuat.

“Ini membuktikan bahwa pemilihan Nanang dan Galuh saat ini sangat diminati oleh generasi muda terbukti dari banyaknya pendaftar dari tahun yang lalu,” tutur Masruswian.

Baca juga: Amin perwakilan Balangan terpilih jadi Nanang Berbakat Kalimantan Selatan

Pewarta: Bayu Pratama S

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023